Minggu, 29 Juli 2018

7 Destinasi di Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia


Apa hal pertama yang muncul di benak Anda ketika mendengar kata ‘Purwakarta’?
Mungkin banyak di antara kita yang sekadar mengenal Waduk Jatiluhur. Selain itu, mungkin hanya sedikit yang tahu akan kabupaten yang berjarak kurang lebih 80km sebelah timur Jakarta atau sekitar 60km dari Bandung tersebut.


Faktanya, bukan Waduk Jatiluhur. Alam yang indah juga layak menjadikan kabupaten sering terlewat dalam perjalanan dari Jakarta ke Bandung itu menjadi jujukan Anda dan keluarga menikmati masa liburan. Dari waduk Jatiluhur saja ada beragam potensi wisata yang harus Anda jajal. Belum lagi ketika Anda memasuki kawasan Wanayasa yang menakjubkan.

Tak percaya? Silakan simak belasan tempat wisata menarik di Purwakarta, yang bakal membuat Anda benar-benar mampir dan tidak sekadar melintasinya lagi.
1. The Collorville Alam Sari
The Colorville bisa menjadi tempat pemanasan bagi Anda dan keluarga atau sahabat untuk memulai petualangan di Purwakarta.

Di sini, Anda akan menemukan sejumlah spot yang menarik untuk dinikmati, baik secara langsung atau dalam koleksi foto Instagram Anda.

Ada tree house dengan pemandangan alam maupun Jalan Raya Darangdan yang supersibuk. Anda harus berfoto di sini agar teman dan sahabat Anda iri!
Ada juga Upside Down Room, ruangan dengan perabot yang sebagaimana mestinya, namun diposisikan serba terbalik. Berlagak seperti manusia laba-laba? Mengapa tidak!

Jam Buka        : 8.00 – 24.00
Tiket Masuk   : Rp80.000,- untuk dua tiket terusan (termasuk dua porsi makanan dan minuman).


2. Taman Air Mancur Sri Baduga

Permainan tata cahaya dan semprotan air menjadikan Air Mancur Sri Baduga menjadi wahana yang menarik untuk disaksikan. Bahkan kabarnya akan ada pertunjukan kolosal dengan sound system yang keren untuk menambah keajaiban air mancur ini.

Dan untuk mempertegas keharusan memasukkan Taman Air Mancur Sri Baduga dalam daftar kunjungan Anda ke Purwakarta, atraksi ini masuk dalam lima top destinasi wisata Indonesia, lho!
Tak hanya itu saja, dengan semua teknologi dan atraksi yang keren luar biasa itu, Anda bisa menikmatinya secara gratis.

Kalo sudah begini, sepertinya tak boleh dilewatkan memang!
Alamat         : Situ Buleud, Negeri Kidul, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta 41111, Jawa Barat.
Jam Buka         : 18.00 – 24.00 (Tiap Sabtu)
Tiket Masuk    : Gratis


3. Kampung Panenjoan

Memori di sini bukan cuma ruang ingatan yang ada di kepala Anda, melainkan juga jumlah ruang penyimpanan yang ada di peralatan foto yang Anda miliki.
Kok bisa?                
Ya, Kampung Panenjoan merupakan salah satu destinasi wisata paling Instagenic di Purwakarta. Sejumlah spot banyak direkomendasikan sebagai tempat yang tepat untuk mengabadikan diri maupun bersama teman-teman.

Pemandangan alamnya adalah yang jadi andalan di Kampung Panenjoan. Dengan perkebunan, gunung dan Danau Juanda Jatiluhur sebagai latar belakang, Anda bisa ‘menangkap’ semua itu dengan hanya satu jepretan.

Alamat       : Kampung Cinangka, Desa Sindang Panon, Kecamatan Bojong, Purwakarta, Jawa Barat.
Jam Buka  Setiap hari, 09.00-17.00
Tiket          : Rp5.000,-


4. Gunung Lembu

Purwakarta memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Untuk membuktikannya, Anda harus menuju ke Gunung Lembu.
Dari sini, Anda akan bisa menyaksikan panorama Purwakarta dan Waduk Jatiluhur dari ketinggian. Menyaksikan sunset juga hal yang harus Anda lakukan di sini.

Dan yang menjadikan Gunung Lembu istimewa adalah tantangan yang harus Anda hadapi untuk bisa sampai ke puncak. Sejak pos keberangkatan, tanjakan tajam harus Anda santap.
Setelahnya, rute perjalanan jauh lebih mudah. Anda bisa menyaksikan keindahan waduk Jatiluhur 50 meter sebelum sampai puncak. Silakan abadikan keindahannya, karena memang itulah yang akan Anda dapatkan!

Alamat      : Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.
Tiket          : Gratis


5. Waduk Jatiluhur

Menyaksikan keindahan dari ketinggian bukan satu-satunya cara menikmati istimewanya Waduk Jatiluhur. Dari permukaan yang sama, juga banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan.
Waduk terbesar di Indonesia, dengan luas 8.300 Ha tersebut memiliki segudang potensi wisata yang untungnya kebanyakan sudah dimaksimalkan.

Sekadar menikmati keindahan waduk, Anda bisa merapat ke Istora Resort Jatiluhur, spot yang letaknya tepat di pinggiran bendungan. Pengelola resort juga sudah menyiapkan sejumlah tempat untuk Anda berpose dengan teman dan keluarga Anda.
Berkeliling waduk juga bisa Anda lakukan, dengan menyewa perahu-perahu nelayan lokal dengan mengeluarkan ongkos sekitar Rp130.000,- dengan catatan, Anda harus super berhati-hati karena minimnya alat penyelamatan.

Dan tentunya yang paling asyik adalah menikmati rebahnya Sang Surya ke peraduan di kala senja. Romantis abis!
Alamat   : Jalan Waduk Jatiluhur, Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat
Tiket      : Masuk Istora Resort: Rp20.000,- per orang


6. Gunung Bongkok

Sudah tahu spot yang pas menyaksikan sunset di Purwakarta? Jika jawabannya di Waduk Jatiluhur, Anda sudah menemukan salah satunya.
Tapi, untuk bisa mendapatkan spot terbaik menyaksikan sunrise, Anda harus mengunjungi Gunung Bongkok. Sensasinya luar biasa, lho!

Dengan ketinggian tak sampai 1000 mdpl, Gunung Bongkok relatif mudah didaki. Juga ada dua opsi menikmati alam sekitar ketika sampai puncak, yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk.
Pemandangan yang ditawarkan adalah lansekap Kota Purwakarta yang memukau, Gunung Parang dan Waduk Jatiluhur. Dengan background tersebut, Anda akan punya banyak angle pengambilan gambar yang eksotik.


Alamat          : Cisarua, Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Tiket Masuk : Gratis, Tapi untuk menikmati layanan siapkan uang sekitar Rp. 10.000.


7. Giri Tirta Kahuripan

Berada di atas awan bisa menjadi sesuatu yang luar biasa, apalagi sampai mandi dan bermain air di sana.
Tapi apakah itu memungkinkan? Di skypool Giri Tirta Kahuripan, itu menjadi kegiatan yang memungkinkan!

Skypool Giri Tirta Kahuripan merupakan salah satu bagian dari agrowisata Resort Giri Tirta Kahuripan. Di dalamnya terdapat hotel dan restoran, serta beragam spot untuk kegiatan outbound.
Khusus skypool-nya, ada pemandangan alam yang menjadi main course-nya. Anda bisa menyaksikan alam Purwakarta dari ketinggian 500 mdpl sambil berendam di kolam renang yang berbatasan langsung dengan tebing. Sensasinya, serasa mandi di atas awan!

Alamat           : Desa Taringgul Tonggoh, Kec. Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat
Telepon          : (0264) 864 1414, 0877 7879 3168
Jam Masuk   : 08.00 – 18.00
Tiket Masuk : Tiket masuk gerbang Rp25.000,- (hari biasa) | Rp30.000,- (hari libur dan akhir pekan)
                         Tiket masuk skypool Rp50.000,- (hari biasa) | Rp60.000,- (hari libur dan akhir pekan)


 Semoga Informasi ini dapat Bermanfaat bagi sahabat Explore-traveller.....
jangan lupa subscribe's dan Follow Blogger ini ea biar dapat informasi menarik setiap harinya....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar