Selasa, 24 Juli 2018

7 Destinasi Wisata di Provinsi Bangka dan Belitung, Indonesia


Jika sahabat  MISTERTRAVELLER belum pernah ke pulau ini, anda harus mejadwalkan liburan kesini karena pulau ini merupakan salah satu tempat yang cukup indah di Indonesia. Keindahan tempat wisata di Bangka Belitung terletak pada pesona wisata baharinya yang menawan hati.
                                        Rumah Adat Provinsi Bangka dan Belitung, Indonesia
Provinsi yang merupakan gabungan dari dua buah kepulauan, yakni Bangka dan Belitung, memiliki banyak pantai yang mengagumkan dengan karakteristik bebatuan granit yang khas dan permukaan pantai yang landai.
Selain pantainya yang indah, terdapat beberapa pulau yang menarik untuk di kunjungi di kawasan kepualauan ini, misalnya Pulau Lengkuas dan Pulau Memperak di Belitung. Berikut ini adalah 7 tempat wisata yang mengagumkan di Bangka Belitung yang wajib sahabat Mistertravelling kunjungi.
1. Danau Sekar Biru
Danau Sekar Biru berasal dari warna biru dari air yang berasal dari hasil pertambangan timah UPTB. Selain digunakan untuk lokasi wisata, Danau Sekar Biru beberapa tahun belakangan ini juga digunakan sebagai lintasan Motorcross, karena memiliki medan yang cukup menantang bagi para rider, namun tetap sesuai dengan standar keamanan. 
Danau ini juga merupakan salah satu lokasi yang digambarkan di film Laskar Pelangi.
2. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas yang terletak di perairan Belitung ini memiliki ikon yang cukup unik yaitu mercusuar. Mercusuar memiliki 18 lantai yang masih berdiri dengan kokoh dan bahkan masih dapat difungsikan hingga saat ini sebagai petunjuk navigasi, bangunan mercusuar ini pertama kali dibangun pada tahun 1882.



Untuk menjaga bangunan agar tetap bertahan seperti aslinya, maka setiap pengunjung yang ingin memasuki mercusuar harus mencuci kakinya dengan air tawar dan di larang untuk membawa barang – barang yang bisa memicu pengikisan bangunan.


Keharusan mencuci dengan air tawar dilakukan sebagai langkah antisipasi agar unsur kimia yang terkandung di dalam air laut tidak memicu kerusakan bangunan bersejarah itu. Kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Lengkuas adalah olahraga laut seperti water sport.
3. Pantai Pasir Kuning
Pantai Pasir Kuning adalah salah satu pantai di Belitung yang sangat unik yaitu pantai ini memiliki pasir kuning keemasan. Jika kebanyakan pantai berpasir putih dan sebagian lainnya berpasir merah muda, maka lain halnya dengan Pantai Pasir Kuning.


Masyarakat di sekitar Pantai Pasir Kuning memiliki tradisi unik sebagai ritual untuk mengusir roh – roh jahat yang menghuni Pantai Pasir Kuning, tradisi ini di sebut dengan perang ketupat.



4. Pantai Batu Kodok

Jika Pulau Belitung memiliki banyak pantai yang unik dan menarik, begitu pula Pulau Bangka yang juga memiliki pantai yang menarik, salah satunya adalah Pantai Batu Kodok. Pantai ini memiliki banyak bebatuan di pinggir pantai dan ada salah satu batu yang sangat besar.


Batu ini menjadi sangat terkenal karena menjadi salah satu adegan yang paling diingat di film Laskar Pelangi yaitu ketika kesepuluh anak Laskar Pelangi berdiri di atas batu itu.


5. Pantai Sumur Tujuh

Pantai Sumur Tujuh adalah pantai di daerah Bangka Tengah yang memiliki peninggalan Jepang yaitu tujuh buah sumur yang masing – masing memiliki diameter 2 meter. 


Seperti pada umumnya pantai, Pantai Sumur Tujuh ini memiliki pasir putih yang belum banyak tersentuh oleh wisatawan.


6. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi berjarak sekitar 7 km dari kota Pangkal pinang. Ini adalah pantai yang jaraknya paling dekat jika wisatawan telah sampai di bandara udara Pangkal pinang. Tempat wisata Pulau Bangka yang satu ini adalah yang paling terkenal di Bangka. Tak heran, Wisatawan akan mendapati banyaknya warga Bangka yang mengunjungi kawasan wisata Pantai Pasir Padi tersebut.



Tempat wisata di Bangka Belitung yang satu ini memiliki pasir yang menyerupai bulir – bulir padi, itulah sebabnya dinamakan sebagai pasir padi. Untuk dapat masuk ke kawasan wisata Pantai Pasir Padi, Wisatawan harus membayar tiket masuk pantai Pasir Padi sebesar Rp.10.000 per orang. Di kawasan sekitar pantai, tersedia fasilitas publik yang begitu lengkap. Hotel berbintang, restoran, hingga warung makan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak di sana.


7. Pantai Tanjung Kelayang

Terletak sekitar 27 km dari pusat kota Tanjung pandan di Belitung. Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung yang populer di kalangan wisatawan domestik dan Internasional. Secara berkala, ratusan perahu yacht dari berbagai negara akan singgah di pantai Belitung dalam event Sail Indonesia.


Bebatuan granit yang menawan dengan salah satu formasi batu yang membentuk kepala burung, serta hamparan pasir putih yang bersih adalah pesona keindahan dari panorama pantai yang populer di kunjungi masyarakat Belitung sejak dulu. Di kawasan pantai inilah berbagai event akbar maritim internasional kerap terselenggara, salah satunya yang belum lama berselang adalah Sail Wakatobi – Belitung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar