Sabtu, 21 Juli 2018

7 Destinasi Wisata menarik di Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia


Pulau Natuna merupakan kepulauan paling utara di selat Karimata. Wilayah Natuna masuk kedalam provinsi Riau. Pulau Natuna tak hanya kaya akan sumber daya alam berupa gas dan minyak, tapi juga wilayahnya rawan dicaplok. Di sebelah utara, Natuna berbatasan dengan Vietnam dan Kamboja, di selatan berbatasan dengan Sumatera Selatan dan Jambi, di bagian barat dengan Singapura, Malaysia, dan di bagian timur dengan Malaysia Timur. Tuh lokasinya strategis banget kan, kalau engga dijaga baik-baik bisa aja tau-tau pulau ini diakuin sama negara-negara tetangga. Jadi ayo berkunjung ke Natuna, kenali negeri mu dan Sahabat EXPLORE-TRAVELLER  akan makin takjub dengan indahnya Indonesia.




1. Masjid Agung Natuna


Masjid yang dibangun pada tahun 2007 ini sangat unik, bukan cuma arsitekturnya aja yang bergaya-gaya Taj Mahal, ornamen pintu Masjid Raya Natuna juga mengambil inspirasi dari Al Quran. 

Masjid Agung Natuna berada di tengah kota, hanya sekitar 15 menit berkendara dari bandara Ranai, tepatnya di titik pusat Kompleks Natuna Gerbang Utaraku (NGU). Masjid Agung Natuna merupakan mesjid terbesar yang ada di kawasan Riau, saking megahnya satu barisan shaf shalat bisa menampung 180 jamaah.

2. Tanjung Senubing


Tanjung Senubing Senubing adalah pantai berbukit berbentuk teluk yang dikelilingi ratusan batu granit raksasa, mirip pantai-pantai di Belitung.  Salah satu batu yang paling besar diberi nama Batu Sindu oleh masyarakat sekitar, dan letaknya persis diujung teluk. Batu besar setinggi gedung 5 lantai ini subur ditumbuhi tanaman rambat. Tapi ada cara lain untuk menikmati keindahan alam disana, Sahabat Msitertraveller  bisa bersantai di atas batu-batu untuk menyaksikan sunset dan sunrise. Sayangnya, beberapa area di Tanjung Senubing ini adalah milik perorangan dan dijadikan kebun. 

Beberapa batu-batu unik yang berada dalam perkebunan mereka dihancurkan untuk sekedar memenuhi kebutuhan batu untuk bangunan. Di ujung pantai juga kita dapat menyaksikan sisa-sisa ke-ALAY-an beberapa orang yang mencorat-coret batu dengan nama narsis atau ucapan “love” yang kena panah.
Oh ya, untuk mencapai lokasi ini Boboers bisa naik ojek lokal, jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Ranai.

3. Pulau Senoa

Pulau Senua (Senoa) adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di laut laut Cina Selatan yang berbatasan dengan negara Malaysia timur. Pulau Senua ini merupakan wilayah dari kabupaten Natuna, provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini sangat unik karena bentuknya yang menyerupai seorang ibu hamil. Letaknya yang banyak berbatasan dengan negara tetangga menjadikan pulau ini lebih dikenal dikalangan orang Thailand, Vietnam, dan Kamboja. 

Pulau Senoa merupakan pulau tak berpenghuni yang memiliki keindahan alam luar biasa! Air biru jernih, saking jerninhnya kalian bisa menikmati indah terumbu karang tanpa perlu nyemplung ke laut. Pulau Senoa berada tepat di seberang laut desa Sepempang di kaki gunung Ranai. Untuk menuju pulau ini Boboers perlu menuju Pelantar di Sepempang untuk menyewa perahu. Harga sewa perahunya sekitar IDR 300-500k. Perjalanan ke pulau Senoa dengan mototr nelayan ditempuh sekitar 20 menit. Sesampainya di pulau ini, sahabat Mistertraveller bisa berkeliling pulau, snorkeling atau sekedar santai-santai di pantai.

4. Alif Stone Park

Alif Stone Park terletak di tepi pantai Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, Propinsi Kepulauan Riau. 

Di tempat ini terhampar batuan granit besar yang indah dan kokoh. Keindahannya tak kalah dengan panati di Bangka-Belitung. Keindahan pantai dan batuan granit ini bisa sahabat Mistertraveller nikmati gratis, karena tidak ada biaya masuk menuju kawasan ini.
5. Air Terjun Gunung Hiu

Lokasi Air Terjun Gunung Hiu terletak di Bukit Durian, Desa Wisata Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kabupaten Natuna. Tanpa perlu dekorasi berlebih tempat pemandian yang airnya bersumber dari Gunung Air Hiu ini sudah terlihat sangat cantik dan unik. Karena air-air yang mengalir dari batuan granit dan pepohonan membuat suasana sejuk dan indah.


Selain itu, alasan lain yang membuat tempat ini menjadi objek wisata favorit warga Natuna adalah, tempat ini gratis untuk dinikmati  Disekitar kolam juga sudah terdapat fasilitas tempat bilas, dan penjual makanan, jadi makin seru liburan disini.

 6. Pantai Sisi

Pantai Sisi Serasan terletak di Kecamatan Serasan, lokasinya berbatasan dengan Kalimantan Barat, dan dekat dengan perbatasan Malaysia bagian Timur. Untuk menuju Serasan, Sahabat Msitertraveller perlu menggunakan transportasi laut dari Ranai (pusat kota Natuna), dan waktu tempuhnya lumayan lama, sekitar 10 jam.



Pantai Sisi, memiliki garis pantai sepanjang 7 KM dengan hamparan pasir putih berkilauan. Pantai ini terbentang dari Entebung Kampung Payak sampai Teluk Resak Kampung Jermalik. Untuk mencapai kawasan pantai dapat melalui Entebung atau melewati Engkalan, Kampung Genting. Pemeritah Kabupaten Natuna terus berbenah mengembang daerah tujuan wisata dengan pengembangan sarana dan prasarana pendukung seperti listrik, transportasi dan air, semuanya harus tersedia tidak terkecuali di pantai Sisi, pantai Sisi pernah dinobatkan sebagai salah satu pantai alami yang terbaik di dunia (Best Undiscovered Beach) versi Majalah Islands.



7. Pulau Tiga

Pulau Tiga merupakan salah satu wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Natuna yang terdiri dari 10 desa. Pulau ini memiliki banyak sekali potensi yang mampu membuat orang berdecak kagum.

Pulau Tiga terletak disebelah barat Pulau Bunguran, sebagian besar dari wilayah kecamatan ini terpisah dengan Pulau Bunguran besar di mana terdapat ibu kota Kabupaten Natuna. Untuk mencapai ibu kota kecamatan ini perlu menyeberangi laut terlebih dahulu. Untuk menuju ke ibu kota kecamatan ini, pengunjung dapat menumpang kapal kayu berukuran kecil atau yang biasa dikenal dengan pompong, perjalan laut tidak lama, untuk sampai ke sana memerlukan waktu kurang lebih 15 hingga 30 menit sekali jalan, dan tarif perjalananya pun relatif murah sekitar IDR. 10.000.


Pulau Tiga tak hanya kaya akan keindahan alam, perairan di pulau ini merupakan penghasil ikan terbesar di Natuna. Selain itu, sisi daratan pulau Tiga juga sangat subur dan kaya akan cengkeh dan karet. Di pulau ini Sahabat Mistertraveller engga cuma bisa menikmati keindahan pantai dan lautnya yang menakjubkan, tapi juga bisa merasakan sensasi serunya menyatu dengan kehidupan warga lokal yang kaya budaya.



Semoga Informasi ini dapat bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan lupa untuk informasi updatenya untuk follow dan subscribe website EXPLORE-TRAVELLER.....!!!

Thank's You For Watching.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar