Rabu, 18 Juli 2018

7 destinasi wisata menarik di Serambi Mekah


Kenapa tidak berkunjung saja ke Aceh? Alam Aceh terkenal indah, lho, dengan pantai-pantai cantiknya yang diapit oleh kedua Samudera Hindia dan Selat Malaka. Keindahannya kerap membuat para wisatawan ingin kembali berkunjung untuk menikmati dan menyelami kekayaan alam Aceh yang masih sangat alami. Tak hanya pantainya, ada banyak tempat-tempat lainnya yang juga menarik dikunjungi dan bisa kamu kagumi di daerah ini.


Provinsi yang juga dikenal sebagai Nanggroe Aceh Darussalam ini dulu pernah diterjang bencana tsunami hebat, tepatnya tanggal 26 December 2004 silam. Bencana ini lantas melumpuhkan semua infrastruktur dan aktivitas masyarakat di Aceh untuk waktu sekian lama, termasuk juga pariwisatanya. Kini kondisi Aceh perlahan-lahan kembali pulih, hingga mampu menjadi salah satu destinasi paling favorit yang sering dikunjungi para wisatawan dan turis mancanegara.

Obyek-obyek wisata Aceh tak kalah menarik dari kota-kota lainnya di Indonesia. Meski dengan sejarah musibah yang memilukan, namun ini justru menambah daya tarik pengunjung untuk mengenal lebih dekat alam dan kota Aceh. Kamu bisa lihat 7 tempat wisata unggulan di Aceh berikut ini, yang layak sekali untuk kamu kunjungi kalau kamu berlibur ke sini. Jangan Lupa KLIK YA.....
1. Pantai Lampuuk 


Pasir putihnya lembut dan air lautnya betul-betul terlihat biru lantaran masih sangat jernih. Pantai Lampuuk bagaikan tempat wisata Kuta di Bali, hanya saja ini di Aceh. Selain pemandangan pantainya yang indah berlatarkan alam hijau, kamu juga bisa melakukan berbagai wisata air seperti berselancar, bermain banana boat, snorkeling, dan kegiatan rekreasi pantai lainnya.



2. Pantai Ule Lheue

Pantai yang ini ideal untuk kamu yang hobi memancing. Pantai Ulee Lheue populer di kalangan masyarakat Banda Aceh. Di sini kamu bisa menyewa alat pancing dan perahu nelayan untuk berlayar di lautnya. Pengalaman seru lainnya untuk menikmati wisata pantai di Aceh. Kamu pun bisa duduk-duduk santai di sepanjang tepi pantai sambil menyaksikan pemandangan sunset yang luar biasa dari titik pantai ini. Jaraknya hanya sekitar 3 km dari pusat Kota Banda Aceh, dan letaknya berada di Kecamatan Meuraxa.


3. Pantai Lhok Nga


Berada tidak jauh dari Pantai Lampuuk, tempat wisata pantai yang satu ini berjarak kurang lebih 20 km dari Kota Banda Aceh. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan indah dan bermain-main di tepian pantai dengan pasir putihnya yang membentang luas. Kalau kamu suka mengumpulkan kerang sebagai kenang-kenangan, kamu pasti betah berburu kerang-kerang indah di pantai ini. Pantai Lhoknga memiliki ombak berketinggian 1,5 – 2 meter dan sangat cocok buat kamu yang gemar berselancar. Tertarik mencobanya?.




4. Air Terjun Suhom

Kalau dari tadi membahas pantai-pantainya, kini giliran air terjun di Banda Aceh yang tengah menjadi salah satu destinasi menarik bagi para wisatawan.
Berlokasi di Desa Suhom, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar. Air terjun Suhom yang memiliki tinggi kurang lebih 50 meter ini terbagi atas tiga tingkat, tapi jangan pernah mencoba untuk menaiki tingkat kedua dan ketiga jika kamu sedang berada di sini. Namun, untuk menjumpai air terjun yang luar biasa ini diperlukan perjuangan yang tak kalah hebat, sebab kamu harus mendaki jalanan lebih dulu untuk mencapainya, dan di sepanjang perjalanannya kamu akan bertemu monyet-monyet liar yang berkeliaran. Jangan khawatir, monyet-monyet ini tidak akan menyerang kalau kamu juga tidak menganggunya.



5. Pulau Rubiah

Pulau yang terletak di Sabang sebelah Barat Pulau Weh ini merupakan salah satu tempat wisata paling terkenal di Aceh lantaran kekayaan bawah lautnya. Terdapat 14 dari 15 biota laut yang dilindungi oleh Indonesia di Pulau Rubiah ini. 


Kalau kamu ingin bermain air di sini, cukup mengeluarkan biaya Rp. 40.000 untuk menyewa alat snorkeling yang bisa kamu gunakan seharian penuh. Penasaran melihat kekayaan apa saja yang ada di bawah lautnya? Kamu wajib mencari tahu sendiri!


6. Museum Tsunami

Tempat wisata ini menjadi kunjungan wajib bagi kamu yang datang ke Banda Aceh. Demi mengenang sekaligus menghormati para korban yang meninggal saat bencana Tsunami Aceh tahun 2004 silam, sejak tahun 2009 Museum Tsunami ini didirikan di Jl. Sultan Iskandar Muda. Museum dengan arsitektur menarik ini dilengkapi sarana audio berupa gemuruh ombak dan air yang mengucur, mirip suara saat tsunami datang menerjang. 


Tempat wisata ini selalu dikunjungi oleh wisatawan mancanegara yang penasaran dengan Tsunami Aceh dan ingin melihat apa saja yang tersisa dari gelombang tsunami yang lalu. Selain menyimpan benda-benda sisa bencana alam, di sini kamu juga bisa melihat beberapa foto kerusakan akibat tsunami dan beberapa kisah korban yang selamat dari musibah tersebut.


7. Masjid Baiturrahman

Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda pada tahun 1612 ini merupakan salah satu ikon dari Kota Banda Aceh. Bangunan yang memiliki dominan warna putih dengan kubah hitam nya yang besar dan dikelilingi oleh tujuh menara ini rasanya harus dikunjungi saat mampir ke Banda Aceh. 


Bahkan saat bencana tsunami tempo lalu, banyak bangunan yang runtuh disekitar Masjid tersebut, tetapi masjid ini tetap berdiri kokoh pada saat air tsunami menerjang Banda Aceh. Masjid Raya Baiturrahman ini juga masuk dalam daftar 100 masjid terindah di dunia.

semoga informasi ini bermanfaat bagi sahabat EXPLORE-TRAVELLER....!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar