Selasa, 14 Agustus 2018

7 Destinasi menarik di Batam, Kepulauan Riau, Indonesia



1. Jembatan Barelang


Jika Jakarta memiliki Monas, maka Batam memiliki Jembatan Barelang sebagai salah satu ikon kotanya. Jembatan Barelang dibangun untuk memberikan kemudahan akses antar pulau-pulau kecil di Kepulauan Riau, yaitu Pulau Batam, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Tonton, Pulau Galang dan Galang Baru. Dengan panjang sekitar 2.264 meter, terdapat 6 rangkaian jembatan di mana setiap rangkaiannya dinamai raja yang pernah menguasai kawasan Melayu-Riau. Rangkaian jembatan pertama dinamakan jembatan Fisabilillah, kedua dinamakan jembatan Nara Singa, ketiga dinamakan Raja Ali Haji, keempat dinamakan jembatan Sultan Zainal Abidin, kelima dinamakan jembatan Tuanku Tambusai, dan yang keenam dinamakan jembatan Raja Kecik.


Karena pembangunannya diprakarsai oleh B. J. Habibie, Jembatan Barelang juga kerap disebut oleh masyarakat sekitar sebagai “Jembatan Habibie”. Banyak sekali wisatawan yang singgah di jembatan ini hanya untuk sejenak menikmati keindahan pemandangan sekitar, serta tak lupa berfoto dengan latar belakang jembatan yang mirip “Golden Gate” di San Francisco, Amerika Serikat.


Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Jl. Trans Barelang, Jembatan I, Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau 29472.

2. Pantai Nongsa


Pantai Nongsa menyuguhkan keindahan air laut yang jernih yang dipercantik oleh hamparan pasir putih. Suasana pantai pun kian eksotis karena berpadu dengan pemandangan kota yang metropolis. Selain dapat menikmati keindahan sunset saat senja, Anda pun akan disuguhi pemandangan kerlap-kerlip lampu dari gedung pencakar langit di Singapura dan Malaysia. Ini karena secara geografis lokasi pantai berada persis di tepi selat Singapura. Maka tak heran, banyak wisatawan dari negera tetangga yang berakhir pekan di pantai Nongsa.

                                                                 source Image wisata.com
Oleh Pemerintah Otoritas Batam, Nongsa telah dijadikan kawasan wisata representatif bagi wisatawan lokal maupun asing. Dengan demikian, di sini sudah tersedia penginapan hingga hotel berbintang, resort bertaraf internasional, penyewaan fasilitas olahraga air, lapangan golf, rumah sakit, ATM, toilet, dan lain sebagainya.

Tiket Masuk : Rp. 10.000
Alamat          : Sambau, Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau 29465, Indonesia.

3. Mega Wisata Coastarina

Merupakan sebuah kawasan wisata seluas 40 hektar yang menawarkan beragam wahana permainan dan wisata pantai untuk anak-anak hingga orang dewasa dalam satu lokasi terpadu dengan konsep seperti Taman Impian Jaya Ancol di Jakarta. Lokasinya terletak di perumahan mewah Coastarina, Pasir Putih Batam dan dikelilingi oleh lautan, tepatnya di Jl. Bunga Raya (Sadai), sekitar 1 km dari pelabuhan Batam Centre. Mega Wisata Ocarina memiliki komedi putar raksasa (giant wheel) dengan diameter 30 meter dan ketinggian 25 meter di atas permukaan laut. 

Saat berada di puncaknya, Anda bisa melihat pemandangan seluruh kawasan wisata dari wahana ini.  Selain itu, tersedia pula area permainan jet ski, sepeda air, taman bermain anak, bioskop 3-dimensi, waterpark, arena gokart, serta sebuah panggung hiburan yang menghadap laut. Keunikan lain dari tempat ini adalah berjejernya 12 patung shio China di sepanjang jalur pejalan kaki. Setiap patung dilengkapi penjelasan sifat masing-masing shio dengan 3 bahasa, yaitu bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Mandarin.

Tiket Masuk : Dewasa Rp. 10.000, anak-anak Rp. 5.000
Alamat          :1 km dari Pelabuhan Batam Centre, Tepatnya di Jalan Bunga Raya, Sadai, Bengkong,
Kepulauan Riau, Indonesia.



4. Kampung Vietnam


Jika berkunjung ke Batam, Anda harus menyempatkan waktu untuk berkunjung ke objek wisata sejarah di Pulau Galang, yaitu Kampung Vietnam. Tempat ini merupakan sebuah bekas perkampungan yang dulunya pernah dihuni oleh para pengungsi Vietnam ketika terjadi pergolakan politik di Vietnam tahun 1970-an. Saat ini, perkampungan seluas 80 hektar tersebut sudah tak berpenghuni. Namun, bekas peninggalan para pengungsi tetap dilestarikan dan dijadikan objek wisata sebagai jejak sejarah kemanusiaan bangsa Indonesia.

Terdapat ratusan makam serta bangunan rumah ibadah, seperti mushala, wihara, dan gereja. Anda pun akan menemukan Humanity Statue, yaitu monumen kemanusiaan berupa patung perempuan dalam kondisi tak berdaya. Monumen tersebut dibangun khusus untuk mengenang tragedi yang menimpa seorang pengungsi perempuan bernama Tinh Han Loai yang memilih bunuh diri karena diperkosa oleh beberapa pria sesama pengungsi. Terpajang pula monumen perahu yang dibangun untuk mengenang perjuangan para pengungsi ketika mengarungi lautan demi kedamaian hingga akhirnya sampai ke Indonesia.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat :Jl. Galang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

5. Waterpark Top 100
Anak kecil mana yang ‘nggak suka main air? Nah, kalau ke Batam untuk liburan keluarga, berkunjung ke Waterpark Top 100 tentu menjadi keharusan untuk menyenangkan hati anak-anak. Waterpark terbesar di Batam ini berada di daerah Tembesi, tepatnya di belakang Mall Top 100. 

Tersedia aneka seluncuran yang dirancang untuk anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya itu, ada juga wahana tirai air dengan gua buatan yang dikelilingi bebatuan serta wahana ember tumpah untuk menambah keseruan liburan. Kedai makanan dan gazebo juga disediakan di pinggir kolam. Masalah keamanan, ada lifeguard dan tenaga medis yang siaga berjaga.

Tiket Masuk : Rp. 35.000
Alamat       : Kawasan Mall Top 100, Jl. Letjend Suprapto, Tembesi, Batu Aji, Kepulauan Riau 29439. Indonesia.

6. Bukit Senyum

Bukit Senyum merupakan objek wisata perbukitan di mana Anda dapat melihat keindahan kota Batam dari ketinggian. Lokasinya berada di Tanjung Uncang, kawasan Batu Aji. Di malam hari, gemperlap lampu gedung dan lalu lalang kendaraan membuat Batam terlihat indah bak permata berkilauan. 

Anda pun dapat menikmati pesona malam dari kerlap-kerlip lampu gedung pencakar langit di Singapura. Asyiknya, sudah ada beberapa kafe dan pujasera yang dapat dijadikan tempat nongkrong. Bukit senyum menjadi destinasi favorit di malam pergantian tahun. Tak hanya melihat kemeriahan pesta kembang api di Batam, akan terlihat pula indahnya pesta kembang api yang digelar di negara tetangga.  

Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Jl. Kuda Laut, Kp. Seraya, Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444.

7. Batam Nagoya Hill
Batam merupakan wilayah perdagangan bebas (free trade zone), sehingga barang impor yang masuk ke Batam bebas bea masuk, bea cukai, dan PPN. Tak heran kalau harga barang branded, mulai dari parfum, tas, jam tangan hingga elektronik, di Batam lebih murah jika dibandingkan dengan wilayah lainnya di Indonesia. 

Nah, kalau mau wisata belanja di Batam, salah satu tempat yang bisa didatangi adalah Batam Nagoya Hill yang berlokasi di Jl. Teuku Umar, kawasan Nagoya. Salah satu mall terbesar di Batam ini diisi oleh banyak tenant ternama untuk kategori fashion, entertainment, elektronik, kecantikan, dan kuliner. Soal kuliner, Anda dapat mencicipi aneka jenis makanan di Nagoya Street Food yang berlokasi di lantai 1. Tersedia aneka makanan cepat saji, makanan khas Indonesia, dan aneka menu khas Asia.

Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Jl. Teuku Umar, kawasan Nagoya, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

 Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Misterrtraveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 

Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar