Minggu, 26 Agustus 2018

7 destinasi wisata menarik di Binjai, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia


Hallo Sahabat Mistertraveller, Binjai merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Dahulunya Binjai merupakan Ibukota dari kabupaten Langkat, yang sekarang berpindah ke Stabat. Kota Binjai berbatasan langsung dengan Kabupaten Langkat di sebelah barat dan utara serta Kabupaten Deli Serdang di sebelah timur dan selatan. Binjai dihubungkan oleh jalan raya Lintas Sumatera yang menghubungkan antara Medan dan Banda Aceh. Binjai merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Dahulunya Binjai merupakan Ibukota dari kabupaten Langkat, yang sekarang berpindah ke Stabat. Kota Binjai berbatasan langsung dengan Kabupaten Langkat di sebelah barat dan utara serta Kabupaten Deli Serdang di sebelah timur dan selatan. Binjai dihubungkan oleh jalan raya Lintas Sumatera yang menghubungkan antara Medan dan Banda Aceh.


1. SUNGAI BINGE


Bagi Anda suka dengan olahraga dengan tantangan alam, mainlah ke Sungai Binge. Tempat ini terkenal dengan olahraga arung jeramnya, atau yang paling populernya disebut dengan rafting. Sungai Binge dikenal tidak terlalu besar memiliki bebatuan yang beragam serta arus jeram cukup banyak dan kedalaman air yang bervariasi. Minat wisatawan terbilang cukup banyak mulai dari kalangan keluarga, group dan komunitas yang senang bermain air sembari menguji andrenalin.

Tingkatan arung jeram yang ditawarkanpun cukup beragam, mulai dari tingkat kesulitan paling rendah di level 2-3 sungai ini sangat aman bagi anak-anak berumur 8 tahun keatas sampai orang dewasa. Anda juga dapat menentukan rute-rute arus jeram yang tersedia utnuk mengarungi arus Sungai Binge. Paling banyak wisatawan memilih rute Namo Nangka hingga Bendungan Namu Sirasira, dengan jarak tempuh lebih kurang 7 kilometer dengan durasi perjalan sekitar 2 jam.

Tiket Masuk  :Gratis
Alamat      :Sungai Bingai adalah suatu sungai di provinsi Sumatera Utara, pulau Sumatera, Indonesia, yang berhulu di Sungai Wampu. Sungai ini terletak sekitar 1400 km sebelah barat laut ibukota Jakarta.


2. TAMAN BALITA


Ya, sesuai dengan namanya taman ini diperuntukkan tempat rekreasi bagi para orangtua yang memiliki anak balita khususnya bagi warga Kota Binjai. Kren Yah. Taman Balita terletak tepat di seberang lapangan Merdeka Kota binjai.
Biasanya taman ini akan ramai dikunjungi orangtua yang membawa anak-anaknya pada sore hari dan meningkat jumlah kunjungan saat akhir pekan. Selain memiliki saran permainan, Taman Balita Binjai ini juga terdapat bermacam burung yang diletakan dan ditata pada sangkar besar.

Tiket Masuk :Gratis
Alamat          : Jl. Veteran, Tangsi, Binjai Kota, Kota Binjai, Sumatera Utara 20714.


3. GEDUNG PENGADILAN AGAMA BINJAI


Gedung Pengadilan Agama Binjai memiliki sebuah kubah besar, dengan luas bangunan 552,25 m2 yang berdiri di atas tanah seluas 3.836 m2 (56×68,5 m). Gedung yang telah ditetapkan sebagai benda Cagar Budaya ini terdiri dari satu ruang sidang utama, ruang keuangan, ruang mediasi, dan museum rumah keadilan.
Selain bangunan peninggalan kolonial itu, di Gedung Pengadilan Agama Binjai dulu ada dua meriam kuno yang sekarang sudah dipindahkan ke kantor Pengadilan Negeri di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Binjai Barat.


Berdasarkan surat keputusan Badan Urusan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia tertanggal 29 Oktober 2008, gedung yang sebelumnya menjadi kantor Pengadilan Negeri Binjai itu menjadi tanah dan bangunan gedung kantor Pengadilan Agama Binjai.
Tiket Masuk : Gratis
Alamat      : Jalan Sultan Hasanuddin, Kelurahan Kartini, Kecamatan Binjai Kota, bersebelahan dengan Mapolres Binjai.


4. MASJID AGUNG BINJAI


Masjid Agung Binjai merupakan sebuah masjid yang terdapat di Binjai dan merupakan masjid yang terbesar. Masjid Agung Binjai ini telah direnovasi dan bentuknya menyerupai kubah tinggi di Madinah. Akan tetapi segi sejarahnya tidak pernah terhapus di Masjid Agung Binjai ini.


Tiket Masuk :Gratis
Alamat          : Jl. Sukarno - Hatta, Timbang Langkat, Binjai, Kota Binjai, Sumatera Utara 20735.


5. PANTAI SB (SEI BINGE)


Berjarak sekitar 30 Km dari kota rambutan Binjai, tantangan dan keganasan alam ala Wisata lintas alam (outbond) dan air terjun di kawasan Sei Bingei, Langkat patut untuk dikunjungi sebagai tujuan berakhir pekan. Jalanan yang berat berupa dakian dan turunan menjadi tantangan yang membutuhkan kegigihan pengunjung. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan merasakan nuansa alam berupa pepohonan dan suara burung seakan menyambut kedatangan para wisatawan. Di ujung perjalanan yang memakan waktu 30 menit dari pos pemandu Pelaruga untuk dapat menikmati pemandian alam kolam Abadi.

Ditemani seorang pemandu Septa, wartawan yang meliput ke lokasi menyaksikan kejernihan air sungai yang merupakan 'barang langka' di perkotaan. Ratusan pengunjung, mulai berdatangan ke sana untuk berlibur dengan berlintas alam dan menikmati pemandian di air Sungai Bertu yang memang terdapat 10 titik air terjun. Butuh waktu sekitar 60 menit lagi dari Pemandian Abadi menuju spot lain yakni Teroh-teroh. Dua bukit harus ditaklukkan pengunjung agar dapat menikmati air terjun Tongkat dan Teroh teroh. Tebing-tebing yang dilalui hanya menggunakan alat bantu tangga kayu, menguji nyali serta daya tahan fisik. Pengunjung harus teliti memilih jalannya agar tidak tergelincir bahkan terjatuh. Rasa letih terbayarkan sudah ketika tiba di Tongkat. 




Setiap pengunjung yang ingin menikmati wisata lintas alam dikenakan biaya Rp 25.000 per orangnya. Pengelola tempat outbond Pelaruga Yasin Tarigan kepada wartawan menjelaskan setiap akhir pekan jumlah pengunjung bisa mencapai minimal 500 pengunjung, umumnya pendatang dari luar Langkat dan Binjai.  
"Kadang-kadang kami harus memulangkan, karena kami kehabisan guide untuk membawa jalan peserta berlintas alam," katanya.

Tiket Masuk    : Rp. 25.000
Alamat       : Jalan Perkebunan, Durian Lingga, Sei Bingai, Belinteng, Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20771.


6. TAMAN SELFIE


Tempat wisata Binjai yang ngehits sekarang ini ada di Taman Selfie. Tempat ini memang dibuat untuk generasi kekinian yang gemar berfoto dan berselfie ria. Ditempat ini, kalian bisa menemukan spot-spot menarik untuk foto cantik. Beberapa konsep cukup menarik disini mulai dari rumah berkonsep pohon yang dikelilingi taman eksotis hingga kafe yang menawarkan berbagai makanan dan minuman ringan sedap kepada pengunjung. Tempat wisata ini ada di Jl. MT. Haryono, Kebun Lada tepatnya di Binjai Utara, Provinsi Sumatera Utara.


Tiket Masuk :Gratis
Alamat          : Jl. MT. Haryono, Kebun Lada tepatnya di Binjai Utara, Provinsi Sumatera Utara.


7. KAMPUNG KULINER


Destinasi wisata di Binjai lainnya ada di Kampung Kuliner Binjai. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang menyukai wisata kuliner. Disini, anda bisa mendapatkan berbagai kuliner khas Binjai. Untuk mencapai kesini, anda bisa menggunakan kereta api dan dari stasiun bisa langsung jalan kaki karena cukup dekat lokasinya dengan stasiun. Tempat ini memiliki konsep outdoor dan kalian bisa memilih 5 outlet kuliner yang selalu siap disantap. Lokasi tepatnya ada di Jalan Medan – Banda Aceh, Tanah Tinggi, Kota Binjai Provinsi Sumatera Utara.


Tiket Masuk :Gratis
Alamat        : Jalan Medan - Banda Aceh, Tanah Tinggi, Binjai Tim., Kota Binjai, Sumatera Utara 20735.


 Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Explore-traveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 



Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar