Sabtu, 25 Agustus 2018

7 wisata menarik di Cirebon, Provinsi Jawa Barat, Indonesia




1.  WISATA GRONGGONG


Nikmati pemandangan alam nan syahdu di Bukit Gronggong. Bukit yang berlokasi di Patapan, Beber ini bakal menawarkan pemandangan yang lebih indah lagi saat malam tiba. Kerlap-kerlip lampu kota yang terlihat dari ketinggian akan menghadirkan nuansa romantis. Di Bukit Gronggong banyak pedagang yang menjajakan Jagung bakar, makanan khas di tempat-tempat wisata berhawa dingin. Ada juga beberapa restoran yang menawarkan paket makan malam romantis bersama pasangan.


Tiket Masuk : Rp. 2.000,-
Alamat          : Patapan, Beber, Cirebon, West Java 45172.

2. GOA SUNYARAGI


Siapa yang tidak tahu destinasi wisata yang satu ini. Berlokasi di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi, Gua Sunyaragi menjadi sangat hits di kalangan traveler setelah banyak orang mengunggah gambarnya ke media sosial. Di kompleks wisata ini terdapat dua bangunan utama, yaitu pesanggrahan dan gua yang dari luar tampak seperti berbentuk candi. Dahulu tempat ini digunakan oleh raja sebagai tempat bertapa.

Tiket Masuk : Rp10.000,-
Alamat          : Sunyaragi, Kesambi, Cirebon City, West Java 45132.

3. PANTAI KEJAWANAN


Terletak di daerah pesisir, maka tak heran bila Cirebon juga memiliki pantai indahnya, yaitu Pantai Kejawanan. Anda bisa menghabiskan waktu libur dengan melakukan berbagai aktivitas di pantai ini, mulai dari berkeliling pantai dengan menyewa perahu motor, bermain air, hingga duduk-duduk santai. Pantai ini juga menjadi spot yang pas untuk melihat indahnnya sunset.

Tiket Masuk : Gratis (Pejalan Kaki)
Alamat          : Pegambiran, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

4.  SENTRA BATIK TRUSMI


Untuk yang ingin berbelanja batik khas Cirebon, maka Kampung Batik Trusmilah jawabannya. Di sepanjang Jalan Trusmi, para wisatawan akan menjumpai deretan rumah penduduk yang menjual batik dan menawarkan untuk belajar membatik. Di jalan ini pun terdapat sebuah outlet besar yang menjajakan ragam kerajinan batik dan oleh-oleh khas Cirebon lainnya.

Tiket Masuk : Gratis             
Alamat          : Jl. Trusmi No. 148, Plered, Weru Lor, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154.

5. KERATON KANOMAN


Keraton lain yang ada di Cirebon adalah Keraton Kanoman yang berdiri sejak tahun 1678. Meski sudah mengalami banyak perbaikan, namun Keraton Kanoman tetap mempertahankan dekorasi dan gaya arsitektur khas Jawa dan Tiongkoknya. Beberapa koleksi benda bersejarah juga bisa Anda jumpai seperti lukisan, kerajinan keramik, hingga kereta kencana.

Tiket Masuk   : Rp. 5.000
Alamat        : Jl. Winaon Kampung Kanoman No. 40, Kanoman, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111.

6. MASJID MERAH
Slah satu wisata di Cirebon yang nampaknya harus Anda kunjungi ialah Masjid Merah. Nama Masjid Merah sendiri berasal dari warna merah bata yang mendominasi bangunan masjid ini. Tampilan masjid ini pun berbeda dari masjid pada umumnnya karena tak memiliki kubah dan menara. Masjid ini terletak di Kampung Panjunan. Asitektur dalam masjid pun menyerupai pendipo Jawa. Wajib banget ke sini!.


Tiket masuk : Gratis
Alamat         :  Jl. Kolektoran No.43, Panjunan, Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45112.

7. KERATON KACIREBONAN


Meski memiliki luas area yang tak terlalu besar seperti dua keraton yang telah disebutkan di atas, tetapi Keraton Kacirebonan tetap memiliki keunikan dan ciri khasnya tersendiri. Anda dapat melihat foto-foto para anggota keraton terdahulu yang terpasang di dinding pendopo. Sama halnya dengan keraton lain, para pengunjung juga bisa menjumpai benda-benda bersejarah, salah satunya adalah koleksi pedang milik sang sultan. Jangan lupa untuk mengunjungi museum kecil yang letaknya berada di sisi kiri bangunana utama keraton.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat         : Pulasaren, Pekalipan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45116.

 Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Explore-traveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 



Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar