Rabu, 01 Agustus 2018

7 Destinasi wisata Menarik di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia



                                                         Kantor Gubernur Kalimantan Timur
1. Gua Haji Mangku


Sebenarnya, daripada dibilang gua, wisata alam Kalimantan Timur Gua Haji Mangku ini lebih tepat disebut danau. Mungkin, penyebutan nama gua ini dikarenakan pintu masuk menuju danau air payau yang jernih kebiruan ini harus melewati mulut gua terlebih dahulu.


Saat melewati pintu gua yang berair, pemandangan indah sekaligus menyeramkan akan menyambut. Danau berwarna kebiruan itu memiliki ruang sempit. Jika melihat lebih dalam ke arah danau, maka akan terlihat seperti jurang yang dalam di sana. 
Tiket Masuk   : Gratis (Free)      
Lokasi            : Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur.



2. Batu Bernada di Gua Losan


Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Gua Losan berarti gua yang bisa tembus dari satu tempat ke tempat lainnya. Gua Losan ini berada di perbatasan antara Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, tepatnya di Kecamatan Muara Komam, Kab. Paser.


Saat mulai menginjakkan kaki di mulut gua, pemandangan staklaktit dan staklakmit yang mencuat dari atap dan dinding gua akan menyambut kedatangan para pengunjung. Tidak hanya pemandangan staklatit dan staklamit saja, Gua Losan menyimpan keunikan lain yaitu Batu Bernada. Saat memukul-mukul batu ini, akan terdengar bunyi-bunyi berirama seperti instrumen musik.


Memasuki Gua Losan tak bisa dilakukan sendiri, harus ditemani oleh juru kunci atau guide yang bisa mengantarkan masuk ke dalam menyusuri keindahan gua. Setiap pengunjung diharuskan untuk membawa penerangan.

Harga tiket  : Rp. 5000.                  

Lokasi          :   Kec. Muara Komam, Kab. Paser, Kalimantan Timur.
3. Batu Dinding
Batu Dinding namanya. Wisata alam Kalimantan Timur ini belakangan memang ramai jadi bahan diskusi di sosial media. Khususnya mereka yang berdomisili di Kalimantan Timur dan sekitarnya. Wisata alam Batu Dinding ini perlahan menyeruak dan menarik perhatian karena pesona keindahannya yang mirip Tembok Besar China. 


Wisata alam Batu Dinding ini berupa tebing bebatuan yang sempit dengan lebar kurang dari 1 meter. Puncak bukit Batu Dinding nya pun sempit, hanya sekitar 5 meter. Jika dilihat dari kejauhan, bukit Batu Dinding ini berbentuk seperti punggungan dengan panjang sekitar 500 meter. Di sekeliling bukit terdapat hutan rimbun yang lebat. Pada bagian kiri kanan bukit berupa jurang dalam. Salah langkah sedikit saja, nyawa jadi taruhannya.


Tak perlu khawatir, karena di sana terdapat kurang lebih 30-50 guide lokal yang bertugas mengatur dan mengawasi pengunjung agar tidak berdesak-desakan memasuki area puncak yang sempit. Saran kami, datanglah berwisata saat musim kemarau. Waktu matahari terbit dan terbenam menjadi waktu terbaik menikmati keindahan alam hutan borneo dari ketinggian Batu Dinding.
Batu Dinding berada di Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Jika keberangkatan dimulai dari Balikpapan, ambil lah jalan Soekarno Hatta menuju kilometer 45. Di sana, akan dijumpai papan petunjuk mengarah ke wisata alam Kalimantan Timur Batu Dinding. 
Tiket Masuk           : Gratis (Biaya Kontribusi Rp.5.000)
Lokasi                       : Desa Bukit Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara,                                             Kalimantan Timur.

4. Taman Batu Sembinai
Sudah pernah ke Stone Garden di Jawa Barat? Nah, Taman Batu Sembinai memiliki bentang alam yang mirip dengan Stone Garden Padalarang. Di antara hamparan hutan hijau lebat nan luas, tumbuh bebatuan tak beraturan berwarna abu-abu. Sangat cantik!


Tapi, untuk bisa menikmati keindahan alam hutan batu borneo ini, pengunjung harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Harus melewati jalanan berkelok, trekking yang menguras tenaga, namun terbayar lunas dengan keindahan yang tiada tara.
Untuk sampai ke puncak bukit, dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Jangan lupa persiapkan perbekalan seperti air minum, makanan ringan, obat-obatan bila dibutuhkan, webbing bagi kalian yang ingin menggapai puncak bebatuan tertinggi, dan tentu saja guide warga lokal supaya tidak tersesat. 

Jika perjalanan dimulai dari Balikpapan, lanjutkan perjalanan menuju Tana Paser, Kab. Paser. Dari Tana Paser lanjutkan perjalanan menuju Batu Kajang, dilanjutkan ke Masjid Jami As-Salam. Dari sana, ikutilah petunjuk jalan menuju wisata alam Batu Sembinai. 
Tiket Masuk : Dewasa Rp. 10.000, anak-anak Rp.5.000
Lokasi           : Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.
5. Canopy Bridge Bukit Bangkirai
Taman wisata alam seluas 1500 hektar ini menyajikan pemandangan alam yang mungkin belum pernah ditemui di Pulau Jawa sebelumnya. Di Bukit Bangkirai, pepohonan yang tumbuh tinggi menjulang dengan ketinggian 40 hingga 50 meter jadi panorama yang tak biasa. Tidak hanya tinggi, pepohonan tersebut punya diameter yang besar, sekitar 2,3 meter. Uniknya lagi, pepohonan di hutan Bangkirai telah berusia 150 tahunan. 

Tidak hanya berwisata edukasi di tengah hutan hujan tropis, Bukit Bangkirai menawarkan wisata pemacu adrenalin dengan menyeberangi Canopy Bridge atau jembatan gantung. Jembatan pertama di Indonesia ini digantungkan pada pohon Bangkirai setinggi 30-40 meter dan menghubungkan ke lima pohon. Tantangan melewati jembatan sepanjang 64 meter ini makin terasa saat angin kencang menyerang. Jembatan yang berayun-ayun mengikuti arah angin akan membuat jantung berdegup kencang. 
Bukit Bangkirai berada di Semboja, Kutai Kertanegara, tepatnya di Jalan Soekarno Hatta km 38. Untuk mencapai lokasi dibutuhkan waktu kurang lebih 1,5 perjalanan dari Balikpapan. Wisata alam Kalimantan Timur ini buka dari pukul 7 pagi hingga jam 5 petang. 
Tiket Masuk  : Dewasa Rp. 3.500 dan Anak-anak Rp.1.500 belum termasuk naik wahana.
Lokasi            : Semboja, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.
6. Danau Tulung Ni Lenggo
Tulung Ni’ Lenggo merupakan telaga berwarna biru jernih yang berada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau. Sudah setahun ini, wisata Ni’ Lenggo ramai dikunjungi warga sekitar. Jernihnya air telaga menjadi spot yang pas untuk merileksasikan diri. 

Di Tulung Ni’ Lenggo, wisatawan bisa mengelilingi telaga menggunakan perahu yang disediakan atau berenang-renang menikmati kesegaran air danau. Suasana keasrian alam dan ketenangan suasana perkampungan menjadikan wisata alam Kalimantan Timur ini ramai dikunjungi saat liburan.
Tiket Masuk : Rp. 5.000
Lokasi           : Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau , Kalimantan                                         Timur.
7. Kepulauan Derawan
Pulau Derawan terkenal dengan terumbu karang yang indah, jumlah ikan-ikan karang yang tak terhitung, padang lamun yang subur, serta hutan mangrove yang masih terjaga. Karena keindahannya, Derawan pun tak pernah sepi dari wisatawan. Terutama para pencinta pemandangan bawah laut. Di Kepulauan Derawan terdapat 460 jenis karang-karangan, 870 jenis ikan dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Bayangkan, pemandangan bawah laut Derawan bukan hanya membuat wisatawan takjub, tapi juga betah.

Bahkan wisatawan dengan mudahnya menemui sekelompok pari manta berjumlah lebih dari 50 ekor berenang setiap harinya. Wisatawan dapat berinteraksi dengan memberi makan para ikan sambil berenang atau melihat dari atas kapal.
Tiket Masuk  : Rp. 2000
Lokasi            : Kepulauan Derawan, Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.
Semoga Informasi ini dapat bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa Follow ya website ini agar dapat informasi menariknya setiap hari....!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar