Minggu, 19 Agustus 2018

7 destinasi menarik di Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia


Kabupaten ini tebagi ke dalam 18 kecamatan yang terdiri dari sekitar 273 desa dan 8 kelurahan. Bangunan Jembatan Suramadu yang telah diresmikan pada tahun 2009 menjadikan Bangkalan sebagai salah satu tujuan wisata para traveller.
Obyek wisata di Bangkalan sangat unik dan berbeda dengan wisata pada umumnya. Jika sobat pernah menengok keindahan Tebing Breksi, begitulah kira-kira beberapa penampakan obyek wisata di Bangkalan yang paling populer.
Saat ini sektor pariwisata di Kabupaten Bangkalan telah berkembang dengan pesat. Banyak destinasi wisata di daerah ini yang patut anda kunjungi. Ketika berkunjung ke provinsi Jawa Timur, anda wajib dan mesti mengunjungi daerah yang satu ini.

1. Bukit Jaddih


Setelah memutuskan untuk berwisata ke Bangkalan maka spot pertama yang harus anda kunjungi adalah Bukit jaddih. Bukit Jaddih merupakan tempat wisata yang lain dari pada yang lain.
Keindahan dari tempat wisata ini terletak pada tingginya bukit kapur yang menjulang. Tempat ini nampak berwarna putih sehingga menjadikannya terlihat eksotis. Sayatan di dinding tebing membuat pemandangan semakin menarik untuk ditelusuri.

Kawasan ini tadinya merupakan bekas penambangan batu kapur putih yang kemudian disulap menjadi kawasan wisata. Meskipun belum secara resmi di kelola oleh pemerintah namun tempat ini telah menarik jumlah wisatawan dalam jumlah besar.
Bukit Jaddih terletak di Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur. Jika anda bertolak dari pusat Kota Surabaya hanya memakan waktu sekitar 1 hingga 2 jam saja.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat          : Desa Jadih Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.

2. Arosbaya


Bagi anak yang sekolah di Sekolah Dasar pada tahun 90-an pasti sangat mengenal betul bagaimana kita masih menggunakan papan tulis hitam dengan kapur yang tak jarang berwarna-warni sebagai alat mengajar guri-guru kita, walaupun sekarang masih banyak yang memakainya, tidak bisa kita pungkiri papan tulis hitam telah tergeser dengan papan tulis putih yang menggunakan spidol sebagai alat menulisnya.
Anda pasti bertanya-tanya mengapa kita membahas hal di atas, bukan papan tulisnya, namun kapur itu sendiri. Banyak yang belum tahu bagaimana bentuk areal pertambangan kapur khususnya yang ada di Indonesia. Nah untungnya jika kalian tinggal di Jawa Timurnya khususnya di dekat pulau Madura, anda bisa datang ke salah satu pertambangan Bukit Kapur Arosbaya yang menjadi salah satu tempat menambang bahan baku utama kapur tulis tersebut.
Masih sama dengan Bukit Jaddih Arosbaya menyuguhkan keindahan tebing kapur bedanya tebing kapur ini warnanya tak seputih milik Bukit Jaddih. View yang di suguhkan pun hampir sama. Sama cantiknya tentunya.

Nama Arosbaya diambik dari nama daerah tersebut waah unik yaa. Bukit ini terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura. Akses menuju lokasi cukup mudah ya guys letaknya tidak jauh dengan Obyek Wisata Religi Makam Raja Bangkalan.

Tiket Masuk : Rp. 10.000
Alamat        : Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Madura, Provinsi Jawa Timur.

3. Pantai Rongkang


Tidak hanya menyuguhkan keeksotisan tebing-tebing kapur saja, Bangkalan memiliki beberapa obyek wisata pantai yang memukau. Salah satu yang menjadi favorit warga masayarakatnya adalah Pantai Rongkang.
Pantai Rongkang menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang paling banyak dikunjungi oleh warga Bangkalan. Keindahan pantai ini terletak pada batu-batu besar yang banyak berjajar di pinggiran pantai. Disekelilingnya terdapat bukit-bukit berundak dengan tinggi yang berbeda. Pemandangan ini tentu saja membuat landscape Pantai Rongkang menjadi lebih indah.

Wisata pantai Rongkang adalah salah satu obyek wisata yang bisa anda temukan di pulau Madura lebih tepatnya di kabupaten Bangkalan. Pantai yang satu ini menarik minat para wisatawan baik dalam negeri dan luar negeri yang penasaran untuk datang karena alih-alih mempunyai hamparan pasir lembut yang bisa anda buat bermain seperti pantai-pantai yang lain, di pantai ini anda akan melihat deretan batu-batuan baik yang berukuran besar maunpun kecil menyebar di pantai.
Pantai ini tepatnya terletak sebelah timur jembatan Suramadu, kira-kira 35 km dari arah kota Bangkalan, yaitu di Desa Kwanyar Barat, Kecamatan Kwanyar, Kabupaten Bangkalan, Madura. 
Jika anda sudah bosan dengan sensasi bermain pasir di tepi pantai, saatnya anda merencanakan wisata ke pantai yang satu ini karena anda dijamin akan bisa merasakan kasarnya bebatuan karang di bawah kaki anda. Selain itu pantai Rongkang juga menawarkan keindahan lainnya, yaitu bukit berundak-undak yang mempunyai tinggi hampir dua puluh lima meter di atas permukaan laut.


Pemandangan di tempat ini pun tidak hanya indah saat siang hari, namun pada malam hari juga. Kilauan lampu-lampu yang berasal dari perahu nelayan dan juga jembatan Suramadu menambah suasana yang dingin menjadi semakin romantis. 

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat          : Desa Kwanyar, Kec. Kwanyar, Kab. Bangkalan, Prov. Jawa Timur.

4. Siring Kemuning

Obyek wisata pantai merupakan tujuan wisata yang banyak diburu oleh sebagian besar traveller. Nah diantara banyaknya pantai yang ada di Bangkalan, Siring Kemuninglah yang paling menggoda.
Hamparan laut lepas berwarna biru jernih dengan pasir pantai yang lembut menjadi ciri khas sekaligus daya tarik bagi Siring Kemuning. Tempatnya cukup tenang sehingga dapat menjadi pilihan untuk mengasingkan diri dari dunia kerja.
Siring Kemuning terletak di Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 51 kilometer jika sobat menempuh perjalanan dari Pusat Kota Bangkalan. Yuk berwisata di Siring Kemuning mumpung tiket masuknya masih gratis.

Memasuki Pantai Siring Kemuning tidak dikenai biaya karcis tapi pengunjung harus membayar uang parkir dengan tarif Rp. 7000 untuk sepeda motor dan kemungkinan lebih untuk parkir mobil. Suasana di Pantai Siring Kemuning terlihat masih sangat alami, hampir tidak ada sentuhan polesan tangan manusia yang terasa. Sepertinya pesona tersembunyi Pantai Siring Kemuning masih luput dari perhatian pemerintah setempat. Hampir tidak ada fasilitas umum yang tersedia di pantai ini, bahkan kamar mandi dan toilet pun harus menumpang di rumah penduduk sekitar pantai. Di dekat gerbang masuk sebenarnya ada bangunan yang kemungkinan dibangun dengan peruntukan kamar mandi dan toilet, sayang sekali bangunan itu belum selesai sehingga tidak dapat digunakan.


Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Kabupaten Bangkalan, Provinsi  Jawa Timur.


5. Gunung Geger


Meskipun belum layak disebut gunung namun bukit ini memiliki pesona yang memikat. wajib banget deh untuk dikunjungi para pecinta alam sejati.

Tidak banyak yang menyebutkan asal usul nama gunung ini yang jelas lokasi ini menjadi titik penting terjadinya sejarah Madura. Bukit Geger lokasinya sangat mudah ditemukan karena terletak di pinggiran jalan raya.
Namun untuk dapat sampai ke lokasi sobat harus menggunakan kendaraan pribadi karena belum tersedianya sarana transportasi umum menuju ke lokasi. Gunung Geger berlokasi di Desa Geger, Kecamatan Geger yakni sekitar 30 kilometer ke arah tenggara Kota Bangkalan.
Bukit Geger ini terletak sekitar 30 Km dari Kota Bangkalan sebelah tenggara dan berada 150 sampai 200 meter dari atas ketinggian permukaan laut. Tempat ini biasa digunakan sebagai lokasi untuk berkemah karena cuaca alamnya yang sangat mendukung. Bukit ini memiliki luas sekitar 44 Hektar dan merupakan kawasan hutan kayu Mahoni yang berada di bawah perlindungan negara.


Udara di sekitar bukit juga masih sangat segar karena jauh dari polusi selain itu suasanya masih sangat asri. Bagi teman-teman yang merindukan liburan alami bisa datang berkunjung kesini. Untuk bisa sampai di atas puncak bukit para pengunjung harus melewati puluhan anak tangga yang sudah disediakan. Cukup melelahkan tapi percayalah rasa lelah tadi akan hilang ketika teman-teman sudah sampai di atas.

Pemandangan indah yang masih alami benar-benar mampu memanjakan mata kita, sambil melewati jalan yang sudah disemen kita bisa menikmati keindahan pohon Mahoni yang menjulang tinggi. Di bukit Geger sendiri menjadi tempat berkumpulnya kawanan monyet hutan sama seperti yang ada di Hutan.


Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Desa Geger, Kecamatan Geger, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.

6. Mercusuar Sembilang


Selain wisata pantai, Bangkalan cukup terkenal akan wisata sejarahnya yang sangat menarik untuk di bahas. Untuk menyimak sejarah penjajahan Belanda sobat dapat napak tilas di Mercusuar Sembilang.

Mercusuar Sembilang ialah salah satu peninggalan Masa Pemerintahan Kolonial Belanda. Berdiri sekita pada tahun 1879 pada masa pemerintahan Z.M William III. Mercusuar ini merupakan sarana navigasi bagi kapal-kapal yang melintas di sekelingnya.


Wisata yang satu ini tak bisa dibilang baru, namun keindahan bangunan dan pemandangannya membuatnya tak pernah sepi pengunjung. Adalah Mercusuar Sembilangan, sebuah peninggalan jaman Belanda yang sudah berdiri selama kurang lebih 137 tahun lamanya. Tak hanya indah dipandang, mercusuar ini juga masih berguna sesuai fungsinya, yaitu memberi penerangan dan navigasi bagi kapal-kapal yang berlayar di selat Madura.Mercusuar ini terdiri dari 17 lantai, di mana lampu besar terdapat di tingkat tertingginya. Menaiki tangga hingga sampai tingkat 16 memang sangat melelahkan, namun pemandangan yang akan disajikan di atas akan membuatmu terpana dan melupakan linu-linu di kaki. Ada jendela yang menghadap luar di setiap lantai. Kamu bisa berhenti kapan saja dan menikmati pemandangan Selat Jawa dan sekitarnya dari ketinggian. Jangan mengunjungi wisata ini saat malam hari. Konon, ada banyak cerita horor yang terjadi di sini, lho.
Letaknya tidak jauh dari Pusat Kota Bangkalan yakni hanya sekitar 6 kilometer saja. Untuk mengetahui lebih jelas tentang obyek wisata ini langsung saja meluncur ke lokasi.

Tiket Masuk   : Tidak ada tariff yang dikenakan
Alamat        : Jl. Sembilangan Socah, Desa Pernajuh, Kec. Bangkalan, Kab. Bangkalan, Provinsi Jawa Timur.

7. Batik Tanjung Bumi


Bangkalan ternyata tak hanya memiliki potensi alam yang memukau. Wilayah ini memiliki seni dan budaya yang cukup menarik. Salah satu buktinya adalah adanya Wisata Batik Tanjung Bumi Bangkalan.

Nah disinilah pusatnya kerajinan batik yang ada di Daerah Bangkalan Madura. Di kawasan ini sobat dapat menikmati keindahan hasil seni kreasi batik yang indah. Jika ingin belajar bagaimana membatik dan serba serbinya anda dapat mengunjungi tempat unik ini.
       
            

Tanjung Bumi merupakan salah satu sentra batik tulis di Madura, tepatnya terletak di Kabupaten Bangkalan. Batik Tulis Tanjung Bumi terkenal dengan coraknya yang lebih unik jika dibandingkan dengan batik Madura dari kabupaten yang lain. Corak batik ini cenderung lebih bernuansa Madura, dan ditandai dengan adanya warna merah, kuning, hijau, atau salah satu dari ketiganya pada setiap batiknya. Motif batik tulis Tanjung bumi didominasi oleh apa yang ada di alam sekitar seperti tumbuhan dan binatang. Dan tak kalah pentingnya, proses pembuatannya pun lebih detail dibanding yang lain.

Akses menuju lokasi cukup bagus dengan jalan beraspal. Jika ditempuh dari Kota Bangkalan hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam karena jaraknya hanya sekitar 40 kilometer saja.
Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Rangmanten, Paseseh, Tanjungbumi, Bangkalan Regency, East Java 69156.

Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Mistertraveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 


Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar