Kamis, 23 Agustus 2018

7 destinasi menarik di Jakarta Utara, Indonesia



1. ISLAMIC CENTRE JAKARTA


Jakarta Islamic Centre atau sering disingkat JIC adalah tempat pengembangan dan pembelajaran Islam yang berlokasi di Jalan Kramat Raya, Jakarta Utara. Pusat pendidikan agama Islam ini adalah sebuah kebanggaan bagi warga Jakarta dan sudah menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta Utara yang menarik untuk dikunjungi pecinta wisata rohani. Yang menarik, sebelum JIC berdiri, lokasi ini adalah salah satu pusat hiburan malam yang terkenal dan kemudian diubah menjadi pusat agama Islam terbesar di Jakarta. Fasilitas yang dimiliki JIC adalah tempat ibadah, perpustakaan, dan gedung pertemuan.

Tiket Masuk       : Gratis
Alamat          :  Jl. Cemara No.6, RW.1, Tugu Utara, Koja, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14270.

2. TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL


Taman Impian Jaya Ancol yang memiliki luas 552 hektar adalah tempat wisata di Jakarta Utama selain mall yang paling terkenal. Taman Impian Jaya Ancol adalah sebuah kawasan wisata terpadu yang sangat lengkap dan selalu ramai dengan pengunjung yang ingin berekreasi. Obyek wisata yang terdapat di Taman Impian Jaya Ancol yaitu pantai, taman, Sea World, Atlantis Water Adventure, Dunia Fantasi (Dufan), Gelanggang Samudra, pasar seni, marina, kereta gantung, bowling, Padang Golf Ancol, kios suvenir, dan wisata kuliner. Menurut saya yang paling menarik adalah Dufan karena terdapat banyak permainan seru di sana. Di kawasan ini juga terdapat beberapa hotel apabila anda ingin menginap, yaitu Hotel Mercure Ancol, Putri Duyung Cottage, dan Hotel Raddin Ancol.

Tiket Masuk      : Rp. 25.000 (gerbang ancol), Rp. 190.000 (Reguler)
Alamat         : Ecovention Building - Ecopark, Jalan Lodan Timur No 7, RW.10, Ancol Taman Impian, Pademangan, RW.10, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430.

3. TAMAN SUAKA MARGASATWA MUARA ANGKE
Taman Suaka Margasatwa Muara Angke adalah sebuah wilayah hutan bakau yang berlokasi di Jakarta Utara, tepatnya di depan perumahan Pantai Indah Kapuk. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke adalah satu-satunya hutan yang ada di Jakarta dan dilindungi oleh pemerintah. Selain pepohonan, anda juga dapat melihat berbagai jenis hewan yang hidup di kawasan ini, misalnya baiwak, monyet, dan berbagai jenis burung. 

Hal menarik di sini adalah adanya sebuah jembatan kayu sepanjang sekitar 843 meter yang dapat membantu anda menelusuri dan menikmati wisata alam hutan yang indah. Selain jembatan tersebut, anda juga dapat menggunakan perahu untuk berkeliling. Apabila ingin bermalam, terdapat penginapan menarik di tengah hutan di sini. Menikmati pesona alam tidak harus keluar kota.


Tiket Masuk : Rp. 25.000
Alamat          : RT.1/RW.16, Kapuk Muara, Penjaringan, North Jakarta City, Jakarta 14460.

4. KAMPUNG MARUNDA


Dengan suasananya yang tenang dan damai, Kampung Marunda adalah tempat wisata di Jakarta Utara yang cocok untuk menjadi pelarian anda dari ramainya kota Jakarta dan polusinya. Kampung Marunda adalah sebuah pemukiman nelayan dengan desiran angin pantai yang menghadirkan suasana tenang dan damai. Di sini terdapat tambak dengan ukuran besar yang merupakan lahan pekerjaan turun temurun bagi warga Kampung Marunda. Pengunjung dapat menyewa alat pancing dan memancing di tambak ini. Selain itu pengunjung juga dapat menikmati hidangan lezat hasil dari tambak ini di beberapa warung yang terdapat di sekitar tambak.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat          : Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing Kota Jakarta Utara, Provinsi DKI Jakarta.

5. PELABUHAN SUNDA KELAPA


Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa adalah Kawasan Di Jakarta Utara yang menawarkan keindahan masa lampau. Pelabuhan Sunda Kelapa sangatlah penting bagi Jakarta karena merupakan asal muasal terbentuknya kota Jakarta. Seperti normalnya sebuah pelabuhan, di sini anda akan melihat banyak sekali kapal besar bersandar di tepi dermaga, kebanyakan adalah kapal pinisi. Di sekitar Pelabuhan Sunda Kelapa, banyak terdapat bangunan peninggalan sejarah dengan ciri khas masa lampau. Pada saat matahari terbenam, Pelabuhan Sunda Kelapa sangat cocok untuk berfoto-foto.

Tiket Masuk : Rp. 4.000
Alamat          : Kota Tua, Ancol, Pademangan, North Jakarta City, Jakarta.

6. MUSEUM BAHARI

Berlokasi di depan Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum bahari adalah sebuah museum yang memiliki koleksi berupa benda-benda yang erat kaitannya dengan nelayan dan dunia laut. Sebelum menjadi sebuah museum seperti sekarang ini, dahulu kala bangunan ini digunakan oleh VOC sebagai gudang penyimpanan rempah-rempah yang kemudian dijual ke Eropa. Koleksi Museum Bahari yang dapat anda lihat di antaranya berbagai macam miniatur kapal jaman dahulu dan jaman modern, perlengkapan pelayaran, jangkar, meriam, teropong, dan lain-lain. Selain itu, Museum Bahari juga memiliki koleksi lagu-lagu nelayan, data jenis ikan, dan cerita-cerita nelayan.

Tiket Masuk    : Rp. 5.000
Alamat         : Jalan Pasar Ikan No. 1, Penjaringan, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10120.

7. KAMPUNG TUGU

Kampung Tugu adalah salah satu tempat wisata sejarah yang terletak di pinggir Batavia, Jakarta Utara. Pada saat kita memasuki kawasan Kampung Tugu, yang akan anda lihat pertama kali adalah makam orang-orang Komunitas Tugu. Selain itu terdapat juga rumah tempat tinggal pendeta Gereja Tugu, lonceng kuno pemberian Belanda, dan Gereja Tugu yang aktif menyediakan tempat ibadah bagi umatnya.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat          : Kp. Tugu Kelurahan Koja, Kecamatan Koja, Kota Jakarta Utara, Provinsi Jakarta.

 Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mister-traveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Explore-traveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 


Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar