Senin, 06 Agustus 2018

7 Destinasi Menarik di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia



Hallo Sahabat Mistertraveller, Samarinda merupakan sebuah kawasan yang menjadi Ibu Kota Kalimantan Timur, Kota ini memiliki luas sekitar 718 Km² dengan jumlah penduduk lebih dari 805.688 juta jiwa dan menjadi kota terpadat di seluruh kawasan Kalimantan. Kota Samarinda memang jarang dilirik oleh para backpacker. Kota terbesar di Kalimantan Timur ini kerap dianggap tidak memiliki tempat wisata yang menarik. Kalaupun ada, itu adalah tempat wisata yang mainstream. Apakah memang seperti itu?. Ternyata tidak juga. Ada beberapa tempat wisata menarik di Samarinda dengan pemandangan yang keren. Hanya saja, popularitas tempat di Samarinda ini memang kurang. Tidak heran kalau masih sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaannya. Untuk itu pada kesempatan kali ini Mistertraveller akan memberikan ulasan objek wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur yang keren dan anti-mainstream, Ok dari pada kita berlama - lama mari kita ulas daftar objek wisata di Samarinda tersebut.

1. Puncak Samarinda


Panorama negeri atas awan, itulah yang ditawarkan oleh tempat wisata di Samarinda Kalimantan Timur yang satu ini. Puncak Samarinda dikenal sebagai lokasi yang menarik untuk menyaksikan pemandangan matahari terbit di Kalimantan Timur. Hanya saja, lokasinya memang berada cukup jauh dari pusat Kota Samarinda, kurang lebih 30 km. Karena lokasinya objek wisata terbaik di Samarinda ini berada di pinggiran kota, suasana yang ditawarkan pun jauh berbeda. Puncak Samarinda menawarkan pemandangan yang masih asri.


Untuk kenyamanan para wisatawan, tersedia gardu pandang yang menjadi lokasi untuk menyaksikan pemandangan dari atas ketinggian. Tempat wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur ini kerap menjadi lokasi kunjungan para muda-mudi dari Kota Samarinda dan sekitarnya. Terlebih, pemandangan seperti ini memang cukup jarang di Samarinda, yang notabene bukan daerah dataran tinggi. Ditambah lagi, di sini para muda-mudi tersebut bisa berburu foto yang instagramable.


Tiket masuk :Gratis
Alamat         : Jl. Berambai, Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

2. Air Terjunj Barambai


Objek wisata di Samarinda Kalimantan Timur berikutnya yang menawarkan pemandangan indah adalah Air Terjun Barambai. Air terjun ini berada di daerah Sempaja Ujung, berjarak kurang lebih 20 km dari pusat Kota Samarinda. Anda tidak perlu khawatir tersesat saat ke tempat ini. Meski kondisi jalanan tidak terlalu bagus, terdapat papan penunjuk yang bisa diikuti untuk menuju ke lokasi Air Terjun Barambai.


Saat datang ke tempat wisata di Samarinda yang satu ini, Anda akan merasakan suasana alam yang masih asri. Daerah ini memang masih berupa area hutan yang lebat. Di sekeliling air terjun, Anda pun akan mendapati keberadaan pepohonan yang rindang. Selain itu, karena masih jarang diketahui, jangan mengharapkan keberadaan fasilitas pendukung yang lengkap di tempat ini.
Para pengunjung yang datang ke objek wisata di Samarinda ini biasanya memilih waktu pada akhir pekan atau musim liburan. Sementara itu, kalau hari-hari biasa kebanyakan yang datang bertujuan untuk melakukan aktivitas berkemah. Tidak jauh dari lokasi air terjun memang tersedia area lapang yang digunakan sebagai camping ground.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat          :  North Sempaja, North Samarinda, Samarinda City, East Kalimantan 75124.

3. Bukit Bengkirai


Berada agak jauh dari Samarinda, Anda bisa pula memilih datang ke Bukit Bengkirai yang ada di Samboja, Kutai Kertanegara. Objek wisata di Samarinda ini berjarak sekitar 150 km dari pusat Kota. Meski butuh perjalanan yang cukup panjang, tapi Anda akan terpuaskan ketika sampai di tempat wisata di Samarinda Kalimantan Timur yang satu ini.


Bukit Bengkirai merupakan kawasan hutan konservasi yang masih terjaga dengan baik. Tempat yang menjadi favorit para wisatawan di sini adalah jembatan gantung yang menghubungkan antara lima pohon. Para wisatawan pun biasanya menyempatkan waktunya untuk berfoto di tengah-tengah jembatan.

Tiket Masuk  : Rp. 2.000
Alamat      : Karya Merdeka, Semboja, Kutai Kartanegara Regency And Samarinda City, East Kalimantan 75271.

4. Desa Budaya Pampang Samarinda


Apabila Anda berniat untuk mempelajari mengenai Budaya, objek wisata menarik di Samarinda yang satu ini dapat menjadi pilihan. Desa Budaya Pampang memiliki keunikan tersendiri yang dihuni oleh suku Dayak Kenyah. Biasanya objek wisata di Samarinda ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara pada saat akhir pekan dan libur panjang.


Setiap hari minggu di Desa Budaya Pampang Samarinda ini diadakan pertunjukan seni yang diselenggarakan di gedung pertemuan desa atau disebut lamin oleh warga sekitar. Dan yang lebih menarik lagi pada saat pertunjukan dimulai, seluruh warga desa akan datang kesana lengkap dengan pakaian adatnya.

Tiket Masuk : Rp. 20.000
Alamat          : Jln. PampangSamarinda 75117, Indonesia.

5. Taman Rekreasi Lembah Hijau


Hallo Sahabat Mistertraveller, berikut ini merupakan wisata yang menawarkan berbagai wahana permainan, tak heran apabila Taman Rekreasi ini banyak diminati oleh wisatawan utamanya pada saat akhir pekan dan libur panjang. Para pengunjung yang datang tidak hanya dari dalam kota, akan tetapi banyak juga wisatawan luar kota yang mampir kesini.


Apabila Anda mengunjungi objek wisata terbaik di Samarinda yang satu ini, Anda dapat menikmati berbagai wahana menarik seperti Flying Fox, Waterboom dan banyak lagi yang lainnya. Tentu semuanya menawarkan sensasi yang menantang dan bikin degdegan.

Tiket Masuk : Rp. 5.000
Alamat       : Jalan Kebun Raya, Lempake, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75113.

6. Penangkaran Buaya Samarinda


Tempat wisata di Samarinda Kalimantan Timur yang menarik berikutnya adalah Penangkaran Buaya Samarinda, Tempat wisata ini banyak memberikan pengetahuan mengenai kehidupan satwa yang terkenal dengan predator yang satu ini. Kawasan penangkaran ini memiliki luas kurang lebih 7 hektar dengan tiga jenis buaya yang ditangkarkan. Diantaranya adalah buaya muara, buaya sepit dan buaya Siam.


Apabila Anda berniat untuk mengunjungi objek wisata menarik di Samarinda yang satu ini, Anda dapat datang ke kawasan penangkaran yang berada di Desa Pulau Atas, Makroman, Kecamatan Palaran, Kabupaten Samarinda.

Tiket Masuk    : Rp. 5.000
Alamat        : Jl. Penangkaran Buaya, Makroman, Kec. Sambutan, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75381.

7. Pulau Kumala Samarinda


Objek wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur yang satu ini memiliki suasan yang cukup nyaman, Lokasi Pulau Kumala sendiri berada di tengah - tengah Sungai Mahakam. Pulau ini terbentuk oleh endapan tanah yang berada di Sungai Mahakam.


Apabila Anda berniat untuk mengunjungi Objek wisata di Samarinda yang satu ini, Anda dapat menikmati berbagai wahana yang ditawarkan diataranya adalah Bombom Car, Jet Coaster, Komedi Putar dan masih banyak yang lainnya. Anda juga dapat melihat pemandangan Kota Samarinda dari ketinggian dengan menaiki Sky Tower yang tingginya mencapai 75 meter. Wah menarik bukan ?


Tiket Masuk : Rp. 7.000 (Dewasa), Rp. 5.000 (Anak-anak)
Alamat : Jalan K.H. Ahmad Muksin, Timbau, Timbau, Tenggarong, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75513.


Itulah ulasan mengenai objek wisata terbaik di Samarinda Kalimantan Timur, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda yang akan mengunjungi kota terpadat di Kalimantan ini.

 Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Mistertraveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 


Jangan Lupa SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara.  Thank's You.......!!!


                                         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar