Kamis, 23 Agustus 2018

7 destinasi menarik di Jakarta Timur, Indonesia

Hallo Sahabat Mistertraveller, Jakarta sendiri terbagi menjadi lima kotamadya yaitu antara lain Jakarta Pusat, Jakarta utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta TimurTentunya dibalik rutinitas kepadatan serta segala kesibukan hiruk-pikuk di hari kerja, Jakarta juga mempunyai berbagai wisata yang bisa dikunjungi oleh masyarakat pada saat sedang liburan atau pada saat weekend. Pada kesempatan kali ini Sahabat Mistertraveller akan membahas mengenai tempat wisata di Jakarta timur yang bisa anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan ataupun menikmati weekend bersama keluarga. Bukan hanya mall besar saja yang bisa dikunjungi di daerah Jakarta timur ini, namun banyak juga wisata lain yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan sisa liburan ataupun weekend bersama keluarga. Wisata Jakarta timur bisa menjadi alternative kunjungan berlibur bagi anda bersama dengan orang-orang yang disayangi. Beberapa objek wisata di Jakarta timur yang bisa dikunjungi yaitu antara lain sebagai berikut:


1. TAMAN MINI INDONESIA INDAH


Tempat wisata paling menarik di Jakarta Timur adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). TMII memiliki luas kurang lebih 150 hektar. TMII merupakan kawasan yang paling banyak dikunjungi masyarakat Jakarta. Bukan hanya warga Jakarta, namun masyarakat seluruh Indonesia datang mengunjungi TMII. TMII menawarkan wisata untuk mengenal Indonesia lebih dekat melalui rumah adat masing-masing suku di Indonesia. 33 Provinsi memiliki rumah adat replika masing-masing di TMII yang disebut Anjungan Daerah.  Anjungan provinsi dibangun di sekitar danau dengan miniatur kepulauan Indonesia. Miniatur kepulauan Indonesia secara tematik dibagi menjadi enam zona, yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara, Maluku serta Papua. Setiap anjungan memiliki bangunan khas masing-masing zona wilayah. 

                          
Selain anjungan, Taman Mini Indonesia Indah juga memperlihatkan keberagaman agama di Indonesia melalui bangunan keagamaan, yaitu Masjid, Gereja Katolik, Gereja Protestan, Pura, Wihara, Suasana Adirasi Pangeran Samber Nyawa, dan Kuil Konghucu. Berbagai sarana rekreasi, taman (taman legenda keong mas), museum (museum Indonesia), snowbay waterpark, hingga teater dan bioskop menambah daftar fasilitas yang disediakan oleh Taman Indonesia Indah. 


Tiket Masuk :Rp. 10.000
Alamat          :  Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, Indonesia.


2. TELAGA ARWANA CIBUBUR

TAC adalah sebuah taman rekreasi serta edukasi yang berada di jalan jamboree, Cibubur, Jakarta Timur, cocok dikunjungi bersama keluarga. TAC berada di lokasi strategis, tidak jauh dar pintu keluar tol cibubur. TAC memiliki kolam pemancingan yang terbilang luas, arena outbound, saung, taman kebun, kolam renang atau waterpark yang lumayanluas, kolam lumpur, motor ATV, tempat untuk bercocok tanam di sawah, flying fox, paint ball, dan masih banyak lagi, dimana sarananya aman. Anda tiba-tiba lapar saat berada di TAC? Jangan panik, di sekitar wisata terdapat warung makan Mang Engking, warung ini menyediakan udang bakar madu, serta gurami bakar bumbu cobek. 



Tiket Masuk   :Rp. 2.000
Alamat        : Jalan Jambore, Pondok Ranggon, Harjamukti, Cimanggis, Harjamukti, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat 16454.


3. BUMI PERKEMAHAN CIBUBUR


Apakah Anda pernah berkemah bersama keluarga di alam terbuka? Berkemah bersama keluarga di Bumi Perkemahan Cibubur bisa menjadi salah satu pilihan. Selain dapat berkumpul serta bercengkrama, Anda dapat mengajarkan sedikit tentang alam kepada anak Anda. Anda tidak perlu repot-repot lagi membawa perlengkapan kemah, semuanya sudah disediakan oleh pengelola. 


Sarana yang disuguhkan oleh Bumi Perkemahan cibubur diantaranya lapangan sepak bola, kolam renang, paintball, serta permainan air di danau. Keindahan danau membuat pengunjung yang bosan bisa merasakan kedamaian.

Tiket Masuk       : Rp. 3.000 (Pramuka), Rp. 4.000 (Pelajar), Rp. 6.000 (Umum)
Alamat          : Jalur Jakarta - Cibadak, Cibubur, Ciracas, RW.5, Pd. Ranggon, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13720.


4. KAMPUNG CHINA CIBUBUR

 Memasuki kampung China Cibubur, kita akan melihat gerbang yang mirip dengan pintu masuk yang mirip dengan sebuah pintu masuk terlarang di China, disebut kota terlarang. Kampung China bisa disebut tempat berbelanja yang menarik karena bangunan semua kios di kawasan ini menggunakan arsitetkur China, seperti kampung China pada umumnya yang identik dengan warna merah, demikian pula dengan kampung cina di kawasan perumahawan kota wisata cibubur.  Oh ya, terdapat patung orang-orang China yang mengenakan pakaian dan rambut masyarakat China.  Hmmm setelah melihat berbagai strutur bangunan, jembatan seperti negeri tirai bambu, kursi-kursi dari batu maka tempat ini adalah tiruan negeri bambung langsung.



Tiket Masuk : Rp. 8.000
Alamat          : Jalan Boulevar Kota Wisata Cibubur, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta.


5. MONUMEN PANCASILA SAKTI


Sejarah monumen Pancasila sakti. Monumen Pancasila sakti dibangun atas prakarsa Presiden ke-2 RI, Soeharto, dibangun di atas lahan seluas 9 Hektar. Tujuan dibangunnya Monumen Pancasila Sakti adalah untuk mengingat perjuangan para pahlawan revolusi yang ingin mempertahankan ideologi negara tercinta, yaitu Pancasila dari ideologi komunis. Sebelum menjadi monument sejarah, tempat tersebut merupakan tanah atau kebun kosong yang dijadikan sebagai tempat pembuangan terakhir para korban Gerakan 30 September 1965 (G30S).


Monumen Pancasila Sakti memperlihatkan Garuda raksasa yang didepannya terdapat tujuh Pahlawan Revolusi yang berdiri dengan gagah. Dibawah kaki mereka ada diaroma yang menggambarkan betapa sadisnya kejadian 30 September 1965 dan bagaimana mantan Presiden Soeharto menyelamatkan bangsa kita. 
Terdapat diaroma miniatur yang memperlihatkan kekejaman PKI dari masa ke masa. Kekejaman mereka digambarkan dengan nyata melalui minimatur-miniatur tersebut.  Berikutnya, foto-foto pahlawan revolusi dipajang mencantumkan luka-luka yang mereka derita saat diangkat dari dalam sungai. Foto-foto yang diperlihatkan seperti foto Jendral Ahmad Yani. Sebelum keluar dari area diaroma, terdapat papan pemberitahuan yang menyatakan “Ancaman terhadap ideologi Pancasila adalah masalah kelangsungan hidup bangsa dan Negara.


Tiket Masuk  : Rp. 5.000
Alamat       : Jl. Monumen Pancasila Sakti, RT.1/RW.9, Lubang Buaya, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13810.


6. CIBUBUR GARDEN DIARY


Cibubur Garden Diary didirikan oleh Bapak Rachmat Baghory. Awalnya Cibugary adalah sebuah peternakan kambing dan sapi perah bernuansa kebun di kawasan Cibubur, berkat kreatifitas dan jiwa bisnis pemilik, Bapak Rachmat kemudian menjadikannya sebagai wisata agro edukatif, dikususkan untuk anak-anak. Tujuan Bapak Rachmat mendirikan Cibugary adalah untuk menambah pengetahuan anak-anak mengenai peternakan sapi. Tujuan lainnya, yaitu agar anak-anak mengerti manfaat susu sapi untuk kesehatan dan tumbuh kembang manusia.  Cibugary memiliki beragam pilihan kegiatan, diantara mengajari anak-anak bagaimana memerah susu sapi, memandikan sapi, memberi makan sapi dan kambing, melihat proses pasca panen susu sapi, bermain di mini playground, dan piknik di taman. 


Anak-anak bisa mempelajari jenis pemanfaatan sapi potong. Jenis sapi potong khusus untuk dimakan dagingnya dan khusus untuk diperah susunya. Lebih asyik lagi, Bapak Rachmat suka sekali bercerita, jadi apabila anak-anak bertanya, ia dengan senang hati menjawab setiap pertanyaan.  Selain kunjungan rombongan, Cibugary juga menerima kunjungan bersifat personal untuk melihat pemerahan susu pada pukul 12.00 WIB dengan biaya Rp 65.000 (Bersama bingkisan susu segar). Oh ya, sebaiknya lakukan perjanjian dulu melalui telepon sebelum datang. 

Berikut adalah kegiatan dan fasilitas yang ditawarkan oleh Cibugary, seperti yang dilansir dari website resmi Cibugary.

Kegiatan Wisata Cibugary:
1.  Kegiatan dimulai dengan minum susu bersama siswa dan guru
2. Opening prolog cerita wawasan dunia sapi dan susu,serta pengolahan susu menjadi produk olahan.
3.  Touring ke kandang sapi memberi pakan rumput dan memerah sapi.
4.  Istirahat, bisa diisi dengan kegiatan dari sekolah untuk lomba atau makan siang.
5.  Terakhir, pembagian bingkisan oleh-oleh dari Cibugary.



Fasilitas Wisata Cibugary:


1. Saung Utama kapasitas 100-200 siswa

2. Saung kecil kapasitas 10-40 siswa
3. Peternakan sapi perah dengan kapasitas 20-100 ekor sapi
4. Area kebun rumput
5. Area parkir untuk bus kecil dan besar menampung 5-10 bus
6. Outlet souvenir aneka olahan susu seperti, kue, permen, minuman dan lainnya

Tiket Masuk      : Harga tiket Cibugary adalah Rp50.000,00 s/d Rp100.000,00. 
Alamat         : Jalan Peternakan Raya Blok C No. 12, Komplek Peternakan DKI RT01 RW02, Pondok Ranggon, Cipayung, RT.1/RW.2, Pd. Ranggon, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13860.


7. TAMAN ARGO WISATA CILANGKAP


Anda ingin menghabiskan waktu luang di sebuah taman luas yang ditumbuhi aneka jenis pohon yang rindang, lengkap dengan panorama danau? Taman Agrowisata Cilacap bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda.
Fasilitas yang disediakan pengelola seperti arena olahraga, jogging track, arena bermain anak, serta danau yang biasa dijadikan area untuk memancing.




Aktifitas yang biasa dilakukan masyarakat di akhir pecan adalah senam, lari pagi, maupun sekedar mencoba kulineran di halaman depan taman. Anda akan menikmati segarnya udara pagi yang masuk kedalam paru-paru saat berlari pagi di taman yang dikelola oleh Dinas Pertanian dan Kehutanan.  Taman wisata Agro Cilangkap berlokasi di Jalan Raya Cilangkap No. 45, Jakarta Timur, taman ini memiliki luas 25 hektar. Taman dikelola oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 



Tiket Masuk : Gratis
Alamat      : Jl. Raya Cilangkap, RT.6/RW.1, Cilangkap, Cipayung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13870.



 Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Explore-traveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Explore-traveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 



Sahabat Explore-traveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar