Senin, 20 Agustus 2018

7 destinasi wisata menarik di Klungkung, Provinsi Bali, Indonesia



1. KERTAGOSA DAN GILLI

Objek wisata Kerta Gosa, terkadang ditulis Kertha Gosa adalah barometer objek wisata di kota Semarapura. Terdapat tiga bangunan utama yang ada di objek wisata Kertha Gosa, yaitu:
Bale Kertha Gosa.
Bale Kambang.

Medal Agung, Pintu Megah Kerajaan Klungkung.
Hal yang menjadi daya tarik utama objek wisata Kertha Gosa terdapat pada arsitektur bangunan khas Bali abad 17. arsitektur Bali abad ke 17 terlihat jelas pada bangunan Taman Gili Bale Kambang (bangunan yang dikelilingi kolam). Pengunjung yang ingin masuk ke area bangunan Bale Kambang akan melewati jembatan yang terbuat dari batu-bata.

Tiket Masuk :  Rp. 12.000 (Dewasa), Rp. 6.000 (anak-anak)
Alamat          : Jl. Kenanga No. 11 Klungkung, Provinsi Bali.

2. MUSEUM SEMARAJAYA
Menyatu dengan kawasan objek wisata Kertha Gosa, terdapat sebuah museum bernama museum Semarajaya. Lokasi dari museum Semarajaya berada di bagian barat dari bangunan Bale Kambang. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 1 menit dari Bale kambang untuk mencapai lokasi museum Semarajaya.

Bangunan museum Semarajaya dibangun oleh pemerintah Belanda, setelah kerajaan Klungkung kalah dalam perang puputan. Daya tarik museum yang dapat pengunjung lihat seperti, benda prasejarah dan senjata yang digunakan dalam perang puputan Klungkung. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat foto-foto raja Klungkung sebelum perang puputan.

Tiket Masuk : Rp. 12.000
Alamat         : Jl. Untung Surapati, Semarapura Kelod, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761.

3. MONUMEN PUPUTAN KLUNGKUNG
Lokasi dari monumen puputan Klungkung berada diseberang jalan dari objek wisata Kertha Gosa, dan terlihat jelas karena menjulang tinggi. Tinggi dari monumen puputan Klungkung sekitar 28 meter.

Masih jelas teringat di ingatan saya, proses pembangunan monumen puputan Klungkung, dari belum ada sampai jadi. Monumen puputan Klungkung di resmikan pada tanggal 28 April 1992.
Tiket Masuk : Gratis
Alamat         : Klungkung, Semarapura Tengah, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761.

4. PURI KLUNGKUNG
Puri Agung Semarapura adalah istana dari raja Klungkung saat ini, namun lebih dikenal dengan nama puri Klungkung. Peninggalan bangunan Puri Klungkung dari jaman kerajaan sudah tidak ada lagi, karena hancur akibat dari perang puputan kerajaan Klungkung melawan kolonial Belanda. Saat ini, lokasi istana Klungkung berpindah ke sebelah barat laut, berbeda lokasi dari istana Klungkung jaman sebelum penjajahan Belanda.


Tiket Masuk :Saat saya tulis masih gratis.

Alamat          :Semarapura Kelod, Klungkung Sub-District, Klungkung Regency, Bali 80761.



5. PASAR SENI KOTA SEMARAPURA
Pasar seni tidak hanya ada di Sukawati ataupun di Ubud namun juga ada di kabupaten Klungkung. Lokasi dari pasar seni di kabupaten Klungkung berada di pusat kota Semarapura, tepatnya disebelah timur area parkir tempat wisata Kertha Gosa.
Pasar seni kota Semarapura lebih dikenal dikalangan wisatawan yang menyukai kain Endek, maupun kain songket Bali. Tenun kain Endek dan tenun kain songket khas Klungkung, masih di produksi dengan cara traditional menggunakan tenaga manusia. Jadi jumlah produksi kain yang dapat dihasilkan tidak banyak, membuat harga kain tenun Endek dan kain songket Klungkung sangat mahal.

Harga kain Endek asli Klungkung dijual dari Rp 200.000 – Rp 500.000 / meter. Harga kain Endek Klungkung ditentukan dari tingkat kerumitan pembuataan. Sedangkan untuk kain Songket asli Klungkung, bahkan dijual sekitar 1 juta rupiah, bahkan ada yang lebih mahal.
Oleh karena itu, jika anda liburan ke tempat wisata daerah Klungkung, jangan lupa untuk membeli kain Endek maupun kain Songket asli pengerajin Klungkung.

Tiket masuk : Gratis
Alamat          : Desa Semarapura Kangin, Kec. Klungkung, Kab. Klungkung, Provinsi Bali.

6. PURA GOA LAWAH
Keunikan objek wisata pura Goa Lawah terletak pada area dalam pura. Di dalam area pura Goa Lawah Klungkung, terdapat goa yang sangat besar dan dihuni oleh ribuan kelelawar yang dapat terlihat berterbangan dan bergelantungan pada area bibir gua.

Tiket masuk : Rp. 6.000 (dewasa), Rp. 4.000 (anak-anak)
Alamat          : Jl. Raya Goa Lawah, Pesinggahan, Dawan, Kabupaten Klungkung, Bali.

7. MUSEUM LUKIS NYOMAN GUNARSA
Sebagian besar museum lukis di pulau Bali berada di objek wisata Ubud Bali. Namun kabupaten Klungkung juga memiliki museum seni lukis dari seniman lukis terkenal kelahiran desa Banda Klungkung. Nama pelukis, I Nyoman Gunarsa.
Di dalam museum Gunarsa, terdapat sangat banyak lukisan, kurang lebih sekitar 250 lukisan. Selain koleksi lukisan, di museum Gunarsa juga ada koleksi Wayang dan koleksi keris.

Tiket Masuk : Gratis
Alamat          : Desa Banda, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung provinsi Bali.


Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa FOLLOW ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Mistertraveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 

Sahabat Mistertraveller dimohon kerjasamanya untuk  SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara. Majulah Pariwisata Indonesia.
Thank's You.......!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar