Senin, 06 Agustus 2018

7 Destinasi wisata menarik di Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia





1. Pantai Widarapayung


Pantai yang satu ini bernama Pantai Widarapayung sebab terletak di desa Widarapayung dan hanya berjarak 35 km saja menuju arah timur kota Cilacap tepatnya di Kecamatan Binangun, Cilacap Jawa Tengah.  


Memang begitu cocok dijadikan tempat berselancar dengan pemandangan panorama yang begitu menakjubkan. Ketika terjadi Tsunami tanggal 17 Juli tahun 2006 mengakibatkan fasilitas yang berada di pantai Widarapayung ini turut hancur, kemudian sempat dibenahi lalu dibangun kembali. Akses jalan menuju objek wisata di Cilacap ini pun sudah dibuat hotmix sehingga membuat para wisatawan pun dapat berkendara lebih nyaman menyusuri sepanjang pantai di area wisata ini.


Tiket Masuk          : Rp. 5.000
Alam           : Widarapayung Wetan, Sidayu, Binangun, Sawah,Ladang, Sidayu, Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53281.


2. Pulau Nusakambangan


Seperti kita ketahui, pulau Nusakambangan salah satu tempat yang begitu populer dengan nama pulau penjaranya. Sebab setiap penjahat dengan kasus kriminal seperti pembunuhan, narkoba, korupsi dan sebagainya ditempatkan di pulau ini. 


Pulau Nusakambangan hanya dipisahkan oleh daratan di pulau Jawa dengan Selat bernama Segara Anakan, yang termasuk ke area kota Cilacap Selatan. Di balik seramnya pulau ini, menyimpan panorama alam yang begitu menakjubkan sebagai salah satu tempat wisata di Cilacap.


Tiket Masuk :Rp. 5.000
Alamat          : Ds. Nusakambangan Kec. Cilacap Selatan Kab. Cilacap, Jawa Tengah.


3. Pantai Teluk Penyu


Salah satu kawasan tempat wisata di Cilacap lainnya adalah Pantai Teluk Penyu yang begitu terkenal di Cilacap. Lokasi Pantai Teluk Penyu ini menawarkan akses yang mudah untuk digapai sebab terletak dekat di jantung kota tepatnya di Cilacap bagian selatan. 


Pantai Teluk Penyu yang satu ini pasalnya dulu terdapat banyak sekali aneka macam penyu berkembang biak di pantai ini, akan tetapi kini tak lagi banyak penyu yang ada di kawasan wisata ini.


Tiket Masuk  : Rp. 5.000
Alamat      : Teluk Penyu merupakan kawasan pantai di selatan Kabupaten Cilacap, utamanya sepanjang pesisir dari Kecamatan Cilacap Selatan yang lokasinya tidak langsung berhubungan dengan Samudera India atau Indonesia karena dikelilingi oleh Pulau Nusakambangan.


4. Pantai Permisan


Tempat wisata di Cilacap masih tentang objek wisata pantai, yakni Pantai Permisan di Cilacap. Pantai Permisan berlokasi di Pulau Nusakambangan dengan keindahan yang masih begitu terjaga dan sangat mempesona. Pantai ini masih terlihat begitu sejuk dan masih alami, di mana setiap pengunjung bisa menyaksikan pulau-pulau yang berukuran kecil, memiliki deburan ombak di pantai selatan cukup besar. 


Pantai Permisan memiliki pasir putih dengan angin yang berhembus sejuk semakin menambah kenikmatan saat berada di area pantai. Untuk menuju kawasan wisata pantai yang satu ini, setiap wisatawan wajib menyebrang dari Pelabuhan Lo Manis menuju Pulau Nusakambangan dan Pelabuhan Sodong memakai kapal Feri. Nah, dari pelabuhan Sodong inilah para wisatawan bisa langsung ke Pantai permisan memakai transportasi umum.


Tiket Masuk : Rp. 2.500
Alamat          : Ds. Permisan, Kec. Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53263.


5. Pantai Jetis

Kawasan tempat wisata di Cilacap berikutnya adalah Pantai Jetis. Pantai ini merupakan salah satu tempa wisata yang begitu menarik dengan panorama dari Muara Kali Bodo termasuk perbatasan antara kabupaten Kebumen dan kabupaten Cilacap. 


Pantai ini bernama Pantai Jetis sebab terletak di kawasan desa Jetis tepatnya di Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap terletak di area Cilacap bagian timur. Pantai Jetis sendiri membentang hingga sepanjang 3 km menuju pintu timur sebagai gerbang masuk menuju tempat pelelangan dari aneka macam ikan Jetis yang dilengkapi pula oleh pemandangan pegunungan dari gunung Kapur di Kebumen yang begitu elok.


Tiket Masuk : Rp. 3.000
Alamat          : Ds. Jetis, Kec. Nusawungu, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.


6. Gunung Srandil

Anda juga bisa menikmati tempat wisata spiritual atau religius di kota Cilacap, tepatnya di daerah wisata Gunung Srandil. Tak sedikit orang datang berziarah dan berkunjung tiap hari di tempat wisata di Cilacap ini dengan tujuan bervariasi sebab area objek wisata yang satu ini sudah terkenal sejak dulu hingga di luar daerah Cilacap dan luar Jawa, contohnya Bali, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. 


Para peziarah yang bertapa atau berkunjung sendiri umumnya mereka berkunjung di bulan Sura tepatnya di malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon. Kawasan wisata Gunung Srandil sendiri sudah banyak dianggap kramat sebab di kawasan ini banyak orang yang mempercayai bahwa ada terdapat petilasan bagi orang-orang dengan kelebihan ilmu tertentu.



Tiket Masuk :Gratis

Alamat          : Desa Glempangpasir, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.


 7. Benteng Pendem

Tempat wisata di Cilacap berikutnya adalah Benteng Pendem. Benteng ini mempunyai luas sekitar 6,5 hektar dan awalnya termasuk markas dari pertahanan para tentara Belanda. 


Kawasan wisata bersejarah di Cilacap ini memang tampak menyeramkan sebab di bagian dalam benteng ini para wisatawan dapat merasakan suasana bangunan kuno tempo dulu di zaman-zaman Belanda. Pada benteng ini ada sebanyak 60 kamar dengan ruang penjara, ruang senjata, ruang penyiksaan, ruang tembak, ruang rapat, terowongan hingga tempat-tempat lainnya sebagai tempat pertahanan.



Tiket Masuk : Rp. 3.000 s/d Rp. 5.000

Alamat          :Jl. Benteng, Sintolokawat, Kec. Cilacap Selatan Kab. Cilacap, Provinsi Jawa Tengah.


Semoga Informasi ini bermanfaat bagi sahabat Mistertraveller. jangan Lupa Follow ya agar kalian bisa mengetahui informasi terbaru dari Mistertraveller seputar destinasi wisata menarik lainnya di Indonesia. 


Jangan Lupa SHARE ya agar tempat wisata yang ada didaerah kalian banyak dikunjungi baik oleh wisatawan Domestik maupun wisatawan Mancanegara.  Thank's You.......!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar